IMPLEMENTASI METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH ETIKA KOMUNIKASI DAN BISNIS DENGAN SUB POKOK BAHASAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Etika Komunikasi dan Bisnis dengan sub pokok bahasan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.
Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (Prodi Pariwisata) yang memprogram mata kuliah Etika Komunikasi dan Bisnis dan berjumlah 18 orang. Obyek penelitian ini adalah metode pembelajaran Problem Based Learning. Model penelitian ini menggunakan PTK dengan 2 siklus yang masing-masing memiliki empat tahapan yaitu: Perencanaan, Tindakan, Observasi/evaluasi, dan Refleksi. Data dikumpulkan melalui interview dan observasi. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pre-test dan post-test yang diberikan pada siklus ke-2 menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata mahasiswa sebesar 4,61% dengan peningkatan standar deviasi sebesar 0,42. Jumlah rata-rata nilai yang diperoleh oleh seluruh mahasiswa dalam suatu kelas mencapai 86,61% sehingga kelas tersebut dinyatakan berhasil. Dengan ketuntasan klasikal mencapai 88,89% maka kelas yang bersangkutan dianggap tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode PBL telah mencapai hasil yang diharapkan dengan adanya peningkatan pemahaman dan prestasi mahasiswa.
Kata kunci: Metode Pembelajaran Problem Based Learning, Etika Komunikasi dan Bisnis, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.
ABSTRACT
This study aims to determine the implementation of Problem Based Learning teaching methods to improve student understanding of the course on Business Ethics and Communication with sub subject of Corporate Social Responsibility.
The subjects in this study were students majoring in Family Welfare Education ( Tourism Department) which program courses Communication and Business Ethics and numbered 18 people. Object of this study is the method of learning Problem Based Learning. This research model using PTK with 2 cycles each having four stages: planning, action, observation/evaluation, and reflection. Data were collected through interviews and observation. Analysis using descriptive qualitative method.
The results showed that of the pre-test and post-test given at the 2nd cycle showed an increase in average student with an increase of 4.61% standard deviation of 0.42. Average number of grades earned by all students in a class reaches 86.61%, so the class is declared successful. With classical completeness reached 88.89%, the class in question is considered complete. This shows that the learning process by using the PBL method has achieved the expected results with an increase in student understanding and achievement.
Keywords: Method of Learning Problem Based Learning, Communication and Business Ethics, Corporate Social Responsibility.