THE ADMINISTRATOR’S PRODUCTION FUNCTION SEBAGAI SEBUAH PENDEKATAN PENILAIAN PRODUKTIVITAS PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DOSEN PADA PERGURUAN TINGGI

Main Article Content

Kadek Rai Suwena

Abstract

ABSTRAK

Perguruan tinggi melalui program-program studinya perlu memperoleh kepercayaan masyarakat dengan jaminan kualitas (quality assurance), pengendalian kualitas (quality control), perbaikan kualitas (quality improvement). Kekuatan utama perguruan tinggi dalam kehidupan di era pasar bebas dalam rangka mewujudkan jaminan kualitas, pengendalian kualitas dan perbaikan kualitas salah satunya terletak pada sumber daya dosen. Peran dosen berada pada posisi yang paling strategis. Dosen sebagai tenaga profesional harus memiliki kemandirian dalam keseluruhan kegiatan pendidikan baik dalam jalur perguruan tinggi maupun luar perguruan tinggi, dosen memegang posisi yang paling strategis. Pada tingkatan operasional, dosen merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya pada tingkat institusional, instruksional, dan eksperiensial. Karena itu dosen tidak boleh hanya memperhatikan komponen-komponen tertentu saja misalnya metode, bahan, dan evaluasi saja tapi ia harus mempertimbangkan komponen secara keseluruhan sehingga pelaksanaan proses belajar mengajar berjalan dengan produktif.

Dosen dalam perannya mewujudkan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran. Customer service harus dijadikan core strategy untuk menciptakan produktivitas proses belajar mengajar dengan pendekatan The Administrator’s Production Function. Paradigma manajemen pembelajaran harus dirubah tidak cukup hanya dengan pembelajaran yang inovatif. Mengapa demikian? Karena paradigma merupakan mind- set yang ada di dalam suatu organisasi. Paradigma merupakan suatu mental frame of reference yang mendominasi cara orang dalam suatu organisasi untuk berfikir dan berperilaku.

Kata kunci: The Administrator’s Production Function produktivitas, proses belajar mengajar.

ABSTRACT

Universities through study programs need to gain public confidence in the quality assurance (quality assurance), quality control (quality control), quality improvement (quality improvement). The main strength of college life in the era of the free market in order to achieve quality assurance, quality control and improvement of the quality of one of them lies in the faculty resources. Role of the lecturer is in the most strategic position. Lecturers as professionals should have independence in the overall educational activities both within and outside the university pathway college, most professors hold strategic positions. At the operational level, the lecturer is a determinant of educational success through its performance at the institutional level, instructional and experiential. Therefore, faculty should not only pay attention to certain components such as methods, materials, and evaluation but it should consider the components as a whole so that the implementation of the teaching and learning process running productively.

Lecturer in realizing its role Tri dharma activities, particularly with regard to education and teaching. Customer service should be a core strategy to create productivity of the learning process with the approach of the Administrator's Production Function. Learning management paradigm must be changed is not enough just to innovative learning. Why is that? Because the paradigm is a mind-set that exist within an organization. Paradigm is a mental frame of reference that dominates the way people in an organization to think and behave.

Keywords: The Administrator's Production Function productivity, teaching and learning process.

Article Details

Section
Articles