Pengaruh Model TPS Bermuatan Kearifan Lokal Menyama Braya Terhadap Sikap Sosial Dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS

Main Article Content

I Gst. Ayu Md Ernawati
Dw. Nym. Sudana
Ni Wyn. Rati

Abstract

Masalah rata-rata skor penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas
IV Gugus II Kecamatan Abiansemal tergolong rendah. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe TPS bermuatan kearifan lokal menyama braya terhadap sikap
sosial dan penguasaan kompotensi pengetahuan IPS siswa. Penelitian ini
merupakan penelitian, eksperimen semu dengan rancangan Posttest Only
Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas IV SD di Gugus II
kecamatan Abiansemal Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel
menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas IV SD No 1 Selat berjumlah 41 orang sebagai kelas eksperimen dan
SD No 1 Punggul berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data
sikap sosial dilakukan dengan menggunakan metode non tes berupa
kuesioner dan pengumpulan data penguasaan kompotensi pengetahuan IPS
dilakukan dengan menggunakan metode tes berupa tes pilihan ganda. Teknik
analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial
(ANAVA-A dan MANOVA). Rata-rata skor sikap sosial siswa kelas eksperimen
148,78 termasuk dalam katagori tinggi dan di kelas kontrol 126,30 termasuk
dalam katagori cukup sedangkan rata-rata penguasaan kompotensi
pengetahuan IPS siwa di kelas eksperimen 25,61 termasuk dalam katagori
baik dan di kelas kontrol 20,60 termasuk dalam katagori cukup. Hasil hipotesis
I menunjukkan bahwa F = 89,331, Hasil hipotesis II menunjukkan bahwa F =
114,964, dan Hasil hipotesis III menunjukkan bahwa F = 2118,488.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS bermuatan kearifan lokal
menyama braya terhadap sikap sosial dan penguasaan kompotensi
pengetahuan IPS siswa kelas IV Gugus II Kecamatan Abiansemal Tahun
Pelajaran 2018/2019.

Article Details

Section
Articles