PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKn SISWA KELAS V SD GUGUS III KECAMATAN KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2018/2019
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media video terhadap
kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan
Kuta Utara tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen semu, dengan desain nonequivalent control group design.
Seluruh kelas V SD Gugus III Kecamatan Kuta Utara tahun 2018/2019
sebanyak 14 kelas terdiri dari 522 siswa dijadikan sebagai populasi
penelitian. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik random
sampling dengan mengacak kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah
kelas VC SD No. 1 Kerobakan sebagai kelompok eksperimen dengan
sebanyak 31 siswa dan kelas VA SD No.2 Kerobokan Kaja sebagai
kelompok kontrol sebanyak 30 siswa . Data kompetensi pengetahuan
PPKn dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif bentuk pilihan
ganda biasa berjumlah 30 butir tes yang telah divalidasi. Data kompetensi
pengetahuan PPKn dianalisis dengan uji-t polled varian. Berdasarkan
hasil analisis uji-t diperoleh thitung =4,787. Harga tersebut kemudian
dibandingkan dengan harga ttabel dengan dk = 59 dan taraf signifikansi 5%
sehingga diperoleh harga ttabel = 2,000 berarti Ho ditolak, karena thitung =
4,787 > ttabel = 2,000. Demikian pula rerata kompetensi pengetahuan
PPKn siswa kelompok eksperimen = 0,204 > = 0,126 rerata
kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelompok kontrol.Dengan
demikian dapat disimpulkan, model pembelajaran Snowball Throwing
berbantuan media video berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan
PPKn siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Kuta Utara tahun ajaran
2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti
lain dapat dijadikan kajian yang relevan khususnya sebagai referensi bagi
peneliti dengan kajian yang luas dan memper dalam teori mengenai
model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media video.