PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERBANTUAN COMIC CARD TERHADAP KOMPOTENSI PENGETAHUAN IPS KELAS V

Main Article Content

Pt. Indah Sintya Devi
Md. Putra
DB. Kt. Ngr. Semara Putra

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya variasi penggunaan model dan
media dalam proses pembelajaran, sehingga mempengaruhi kompotensi
pengetahuan ips siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
yang signifikan model pembelajaran inside outside circle berbantuan comic
card terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus VIII
Kecamatan Abiansemal Badung Tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian
yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen
dengan rancangan Non-Equivalent Post-test Only Control Group Design.
Populasi penelitian ini 9 kelas/kelompok siswa kelas V SD Gugus VIII
Kecamatan Abiansemal Badung Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 295
siswa. Penelitian ini menggunakan 2 kelompok yang terdiri dari kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok ini dipilih dengan teknik
random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes
dengan instrument berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang
diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians.
Berdasarkan hasil analisis dengan uji t, diperoleh harga thitung = 4,21, pada
taraf signifikan 5% dan dk = 66 diperoleh ttabel 2,00 maka Ho ditolak. Ini
berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompotensi pengetahuan IPS
antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Perbandingan hasil
perhitungan rata-rata nilai post test kompetensi pengetahuan IPS kelompok
eksperimen yaitu 82,09 lebih besar dari rata-rata kompotensi pengetahuan
IPS kelompok kontrol yaitu 74,55. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran inside outside circle berbantuan comic card
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPS
siswa kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Abiansemal Badung Tahun Ajaran
2018/2019.

Article Details

Section
Articles