PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUALTERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model
pembelajaran mind mapping berbantuan media audio-visual terhadap
kompetensi pengetahuan IPS kelas IV SD Gugus VIII Kecamatan Abiansemal
tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
semu dengan desain penelitian yang digunakan rancangan kelompok nonekuivalen.
Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas IV SD Gugus VIII
Kecamatan Abiansemal tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 260 siswa.
Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Instrumen yang
digunakan untuk mengumpulkan kompetensi pengetahuan IPS dengan
menggunakan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda biasa dengan empat
pilihan. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil
penelitian yaitu nilai rata-rata gain skor kelompok eksperimen (0,53) dan nilai rata-rata gain skor
kelompok kontrol (0,45) , maka nilai rata-rata gain skor kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada
nilai rata-rata gain skor kelompok kontrol (0,53>0,45) . Berdasarkan hasil uji-t dengan derajat
kebebasan (dk=34+33-2) dan pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung > ttabel (3,333>2,000) maka H0
ditolak dan Ha diterima. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS
siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran mind mapping berbantuan media audio-visual
dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional kelas IV SD Gugus VIII Kecamatan
Abiansemal tahun ajaran 2018/2019. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan model pembelajaran mind mapping berbantuan media audio-visual terhadap
kompetensi pengetahuan IPS pada kelas IV SD Gugus VIII Kecamatan Abiansemal tahun ajaran
2018/2019.