PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR PKN

Main Article Content

Pt. Redy Kresna Arimbawa
Ndara Tanggu Renda
Dewa Nyoman Sudana

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya sikap sosial siswa
yang mempengaruhi hasil belajar siswa dan akhirnya hasil belajar siswa
tidak mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran group investigation berbantuan media question card
terhadap sikap sosial dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan nonequivalent
post-test only control group design. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Negara yang
terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 205 siswa. Setelah dilakukan uji
kesetaraan selanjutnya ditentukan sampel dengan menggunakan Teknik
random sampling dan dididapatkan 2 sekolah dengan jumlah 55 siswa
yang terdiri dari SD Negeri 2 Kaliakah menjadi kelompok eksperimen
dengan jumlah 32 siswa dan SD Negeri 5 Berangbang sebagai kelompok
kontrol dengan jumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode non test dan test. Metode non test
menggunakan instrument kuesioner sikap sosial dan metode test
menggunakan instrumen tes hasil belajar PKn dalam bentuk pilihan
ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik
deskriptif dan analisis statistik inferensial ( MANOVA). Adapun rata-rata
skor sikap sosial siswa di kelas eksperimen adalah 111,16 berada pada
kategori baik dan di kelas kontrol 89,96 berada pada kategori cukup
sedangkan, rata-rata hasil belajar PKn siswa di kelas eksperimen adalah
24,5 berada pada kategori sangat baik dan di kelas kontrol 16,43 berada
pada kategori cukup. Hasil penelitian ini dikuatkan berdasarkan
perhitungan uji MANOVA yang memperoleh hasil F pada hipotesis I
sebesar 48,229, F pada hipotesis II sebesar 85,807, dan F pada hipotesis
III sebesar 2793,959 yang seluruhnya memiliki Signifikansi sebesar 0,000
yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil
pengujian hipotesis dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran group
investigation berbantuan media question card terhadap sikap sosial dan
hasil belajar PKn siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Negara Tahun
Pelajaran 2018/2019.

Article Details

Section
Articles