DETERMINASI DISIPLIN BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA KELAS V
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan
disiplin belajar terhadap pemahaman konsep IPS dan besaran
determinasinya (2) pengaruh yang signifikan interaksi sosial terhadap
pemahaman konsep IPS dan besaran determinasinya (3) pengaruh yang
signifikan disiplin belajar dan interaksi sosial terhadap pemahaman konsep
IPS siswa kelas V Gugus I Gusti Ngurah Jelantik Denpasar Utara tahun ajaran
2018/2019 dan besaran determinasinya. Jenis penelitian ini adalah
penelitian ex post facto, dengan teknik korelasional. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas V Gugus I Gusti Ngurah Jelantik yang berjumlah
264 orang dengan sampel 149 yang ditentukan dengan teknik proposional
random sampling. Data pemahaman konsep IPS diperoleh dari tes uraian
sedangkan disiplin belajar dan interaksi sosial diperoleh dengan menggunakan angket. Data tersebut
dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda yang
sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat analisisnya. Analisis data menunjukkan (1) terdapat pengaruh
yang signifikan disiplin belajar terhadap pemahaman konsep IPS yang dibuktikan berdasarkan Fhitung =
4,389 > Ftabel = 3,91 dengan determinasi sebesar 2,9% (2) terdapat pengaruh yang signifikan interaksi
sosial terhadap pemahaman konsep IPS siswa yang dibuktikan berdasarkan Fhitung = 4,64 > Ftabel = 3,91
dengan determinasi sebesar 3,1% (3) terdapat pengaruh yang signifikan disiplin belajar dan interaksi
sosial terhadap pemahaman konsep IPS yang dibuktikan dengan Fhitung = 4,12 > Ftabel = 3,06 dengan
determinasi sebesar 5,3%. Saran kepada peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu
refrensi dalam bidang pendidikan untuk mendalami objek penelitian yang sejenis.