KONTRIBUSI KECERDASAN NATURALIS DAN SIKAP PEDULI SOSIAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV SD

Main Article Content

I M. Manuh Pramana
I Wayan Sujana
I K. Ngurah Wiyasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi yang signifikan kecerdasan
naturalis dan sikap peduli sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa
kelas IV SD Negeri Gugus III Mengwi Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini
menggunakan rancangan “ex post facto” dengan jenis studi korelasi. Populasi
yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus III Mengwi
Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan jumlah populasi 264 siswa. Dalam penelitian ini
sampel ditentukan menggunkaan Teknik Proposional Random Sampling, dan
mendapatkan sampel sebanyak 150 siswa. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini meliputi data tentang kecerdasan naturalis, sikap peduli sosial dan
kompetensi pengetahuan IPS dengan menggunakan metode non test, dalam
pengumpulan data pada variable bebas menggunakan angket sedangkan dalam
variabel terikat menggunakan teknik pencatatan dokumen. Uji prasyarat analisis
dalam penelitian ini menggunakan, uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji
linieritas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Setelah seluruh uji
prasyarat terpenuhi, maka dilanjutkan menguji hipotesis dengan menggunakan
teknik analisis regresi linier ganda. Hasil yang didapat yaitu nilai Fhitung = 3,68 > Ftabel
= 3,06 berarti signifikan antara kecerdasan naturalis dan sikap peduli sosial
terhadap kompetensi pengetahuan IPS dan kontribusinya sebesar 4,8%. Hal ini
memperlihatkan bahwa 95,2% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti lingkungan
belajar, hubungan sosial, intelegensi, minat, bakat, rasa ingin tahu. Dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan naturalis dan
sikap peduli sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS. Pada penelitian ini
mampu meningkatkan rasa sikap peduli sosial dan mampu menumbuhkan
kecerdasan naturalis, ditujukan agar guru dapat meningkatkan kecerdasan
naturalis dan sikap peduli sosial siswa sehingga tercapai kompetensi pengetahuan
IPS yang baik

Article Details

Section
Articles