PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE BERNUANSA OUTDOOR STUDY TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Active Debate bernuansa outdoor study terhadap kompetensi
pengetahuan IPS siswa kelas V SD N Gugus Kapten Japa tahun ajaran
2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan
rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini
sebanyak 12 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random
sampling dengan mengacak kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VB
SD N.17 Dauh Puri sebagai kelompok eksperimen sebanyak 42 siswa dan kelas
V SD N. 20 Dangin Puri sebagai kelompok kontrol sebanyak 36 siswa. Data
kompetensi pengetahuan IPS dikumpulkan dengan instrumen berupa tes
objektif bentuk pilihan ganda biasa berjumlah 30 butir tes yang telah
divalidasi. Data kompetensi pengetahuan IPS dianalisis dengan uji-t polled
varian. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung =2,667. Harga tersebut
kemudian dibandingkan dengan harga ttabel dengan dk = 76 dan taraf
signifikansi 5% sehingga diperoleh harga ttabel = 2,000, karena thitung = 2,667 >
ttabel = 2,000 sehingga H0 ditolak. Demikian pula rerata kompetensi
pengetahuan IPS siswa kelompok eksperimen = 0,50 lebih besar
dibandingkan dengan rerata kompetensi pengetahuan IPS siswa kelompok
kontrol = 0,42. Dengan demikian dapat disimpulkan, model pembelajaran
Active Debate bernuansa outdoor study berpengaruh terhadap kompetensi
pengetahuan IPS siswa kelas V SD N Gugus Kapten Japa tahun ajaran
2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai kajian yang relevan khususnya sebagai referensi bagi peneliti
dengan kajian yang luas dan memperdalam teori mengenai model
pembelajaran Active Debate bernuansa outdoor study.