Budaya Pemasangan Iklan, Brosur, Alat Peraga, Dan Sejenisnya Pada Pohon Perindang Jalan Di Kota Singaraja

I Putu Ade Suryantara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perubahan budaya masyarakat kota
Singaraja yang memanfaatkan pohon-pohon yang ada di pinggir jalan sebagai
media atau tempat pemasangan iklan, baliho, maupun alat peraga dalam
kampanye serta faktor-faktor yang mempengaruhi budaya tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa bentuk transformasi budaya utama yang terjadi di Kota
Singaraja adalah penggunaan pohon yang ada di pinggir jalan sebagai tempat
menaruh media promosinya baik berupa iklan, brosur, pamflet, dan
sejenisnya telah mengubah fungsi pohon sebagai penambah estetika dan
penyerap gas CO2. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya budaya
pemasangan iklan pada pohon-pohon pinggiran jalan adalah lokasi yang
sangat strategis, praktis dan ekonomis serta dapat melakukan penyebaran
informasi secara cepat


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mkfis.v15i1.22724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Komunikasi FIS  indexed by:


 Crossref  

Creative Commons License

Media Komunikasi FIS  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.