Membangun Pola Komunikasi Berbantuan Teknologi Komunikasi “Slack”

Main Article Content

Yudha Irawan Kusdinar
Nela Widiastuti

Abstract

Penelitian ini mengemukakan tentang bagaimana pola komunikasi organisasi dari karyawan di PT. Exaditama Teknologi Kreativa melalu media komunikasi “Slack”. Terdapat beberapa hal dari tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi dari pimpinan PT. Exaditama Teknologi Kreativa kepada bawahanya melalui media komunikasi “Slack”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Selain itu juga penelitian ini menggunakan cara teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini terdiri dari dua informan kunci dan dua informan tambahan, dua informan kunci ini merupakan dua orang pimpinan atau “Project Manager” dan dua orang tambahan ini merupakan karyawan dari PT. Exaditama Teknologi Kreativa. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa pimpinan PT. Exaditama Teknologi Kreativa menggunakan pola komunikasi roda dengan jaringan atau alur komunikasi Downward dan Upward, artinya pimpinan dari perusahaan PT. Exaditama Teknologi Kreativa menjadi pusat dari segala pesan, perintah dan arahan terhadap karyawan atau staffnya dengan berkomunikasi melalui media komunikasi “Slack”. Pendapat untuk penelitian ini, penggunaan aplikasi Slack lebih baik diutamakan untuk proses pekerjaan atau jobdesk project, karena aplikasi Slack sangat efektif saat dipergunakan untuk berkomunikasi dalam organisasi.

Article Details

Section
Articles

References

Aji, Prakoso, Y. (2006). Pola Komunikasi Organisasi Di Pt . Asuransi Jiwasraya Semarang Barat Branch Office. Universitas Negri Semarang.

Anom. (n.d.). Aplikasi Chat untuk Kerja Tim? Slack Jawabannya. https://urbandigital.id/aplikasi-chat-untuk-kerja-tim-slack-jawabannya/.

Aryanto, A. (2019). Slack, Platform Messenger Pembunuh Email. Juni. https://www.wartaekonomi.co.id/read232982/slack-platform-messenger-pembunuh-email.

DSResearch. (2020). Laporan DSResearch: Startup Report 2019. Maret. https://dailysocial.id/post/laporan-startup-report-2019

Fadilla, I. (2020). Indonesia Menjadi Negara Ranking ke 5 Startup Terbanyak di 2019. Januari. https://www.kabaruang.com/2020/01/indonesia-menjadi-negara-ranking-ke-5-startup-terbanyak-di-2019/.

Faisal, M. (2016). Hubungan Budaya Komunikasi Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Langkat. Simbolika, 2, 14.

HR, W. (2014). Pola Komunikasi Organisasi Antara Pimpinan Dan Karyawan dalam Membangun Kepuasan Kerja di PT. Semen Tonasa Kabupaten Pangkep. Universitas Islam Negri Alauddin Makassar.

Indrawati. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Rachmi (ed.)). Refika Aditama.

INFOZONE. (2019). Prediksi Perkembangan Teknologi di Indonesia 2020. November. https://www.infozone.id/2019/11/perkembangan-teknologi-indonesia-2020.html

Ita, A. (2014). Pola Komunikasi Organisasi Antara Pimpinan Dan Staff Pt. Pp. London Sumatra Indonesia, Tbk. Palagisang Estate Di Desa Tamatto Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Universitas Islam Negri Alauddin Makassar.

Malik, M. (2017). Slack, Sarana Komunikasi Tim Abad 21. Januari. https://www.codepolitan.com/slack-sarana-komunikasi-tim-abad-21-587ed43d141bd

Muhammad, A. (2015). Komunikasi Organisasi (Joni Raka (ed.)). Bumi Aksara.

Nabila, M. (2016). 3 Sikap Founder Startup Penyebab Pekerja Mengundurkan Diri. November. https://dailysocial.id/post/3-sikap-founder-startup-penyebab-pekerja-mengundurkan-diri.

Pablo, S. (2018). “65% Startup Gagal Karena Masalah Internal.” Agustus. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20180801190748-37-26517/65-startup-gagal-karena-masalah-internal.

Prasetya, G. (2019). 90% Bisnis/Startup Gagal, Ini Salah Satu Cara Agar Kamu Tak Ikut Mengalaminya. Februari. https://id.techinasia.com/edu/90-persen-bisnis-startup-gagal-ini-tip-mencegahnya/.

Priambada, A. (2015). Tujuh Kesalahan Ini Dapat Membuat Startup Kehilangan Karyawan Terbaik. Juli. https://dailysocial.id/post/tujuh-kesalahan-ini-dapat-membuat-startup-kehilangan-karyawan-terbaik.

Saleh, M. (2016). Komunikasi dalam Kepemimpinan Organisasi (W. Wiranata (ed.)). UB Press.

Triyono, A., & Riyantini, K. (2016). Pengaruh Kepuasan Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Sekretariat DPRD Kota Singkawang. Informasi, 46(2), 18.

Wisesa, Y. (2020). IBM Resmi Pilih Slack Sebagai Platform

Komunikasi Bagi 350 Ribu Karyawannya. Februari. https://dailysocial.id/post/ibm-resmi-pilih-slack-sebagai-platform-komunikasi-bagi-350-ribu-karyawannya.