Kadar Konsep Diri Mahasiswa Dalam Berinteraksi Di Media Sosial

Main Article Content

Vera Wijayanti Sutjipto
Rayni Delya Hafni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau kadar konsep diri mahasiswa dalam berinteraksi di media sosial. Adapun peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan menyebarkan kuesioner pada 80 orang mahasiswa UNJ Angkatan 2019 dari 8 fakultas yang ada di UNJ.  Hasil  dari penelitian ini yaitu konsep diri mahasiswa ketika berinteraksi di media sosial menunjukkan sangat kuat dengan mereka lebih suka menghindar konflik, tidak berkomentar negatif mengenai postingan orang lain, tetapi terdapat juga mahasiswa yang mudah terprofokasi oleh postingan orang lain di media sosial. Hal ini menunjukkan ketika mereka berinterkasi dengan orang lain seringkali mudah terpengaruh, ini disebabkan oleh konsep diri yang masih berubah-ubah, salah satunya karena pengaruh lingkungan. Oleh sebab itu mahasiswa sebagai remaja harus menyadari bahwa konsep diri mereka bisa berubah ketika berinterkasi di dunia maya, dengan berbagai sebab seperti tidak melihat langsung ekspresi lawan bicara.

Article Details

Section
Articles

References

Agustini, I. M. L. W. K., & Arthana, I. K. R. (2016). Hubungan Konsep Diri dan Kecanduan Jejaring Sosial terhadap Prestasi Akademik pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Informatika. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 5(1), 1–7.

Amalia, R. F. dan D. (2019). Mengungkap Komunikasi Kelompok Belajar : Peran Pola Komunikasi dalam Membangun Kesadaran tentang Kekerasan Seksual pada Anak Jalanan. Jurnal The Messenger, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ayun, P. Q. (2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 184–197. https://doi.org/10.24090/komunika.v11i2.1365

Ayutiani, D. N., & Satria Putri, B. P. (2018). Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 39. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.11683

Bulan Cahya Sakti, M. Y. (2013). Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja. Interaksi-Online, 12(2), 1–12. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/download/21950/20197

Diah, S. R. (2018). Berapa Lama Orang Indonesia Menggunakan Internet Dalam Sehari? https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/19/184500826/berapa-lama-rata-rata-orang-indonesia-gunakan-internet-dalam-sehari

Felita, P., Siahaja, C., Wijaya, V., Melisa, G., Chandra, M., & Dahesihsari, R. (2016). Pemakaian Media Sosial Dan Self Concept Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi MANASA, 5(1), 30–41.

George Rizer, D. J. G. (2004). Teori Sosiologi Modern. Kencana Prenada Media Group.

Gibson, J. L. (1994). Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Penerbit Erlangga.

Hayati, L. (2018). Konsep Diri Anak-anak Pengguna Aktif Media Sosial. Society, 6(2), 58–64. https://doi.org/10.33019/society.v6i2.65

Hogan, M., & Strasburger, V. C. (2018). Social Media and New Technology: A Primer. Clinical Pediatrics, 57(10), 1204–1215. https://doi.org/10.1177/0009922818769424

Ivon Baharani. (2016). Pengaruh Konsep Diri dan Interaksi Antar Pengguna terhadap Kreativitas Produksi Video Dubsmash Pengguna Instagram. Universitas Diponegoro Semarang.

Karmila, R. (2018). Media Kajian Kewarganegaraan perempuan melalui pendidikan politik. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan Vol., 15(1), 120–125.

Katadata.com. (2018). Pengguna Internet Masih Terkonsentrasi di Jawa. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/22/pengguna-internet-indonesia-masih-terkonsentrasi-di-jawa

Malhotra, N. K. (2010). Marketing Research sixth edition An Applied Orientation. New Jersey: Prentice Hall.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36–44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759

Rahmat, J. (1999). Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Rizadan, M. (2019). Media Sosial Instagram Sebagai Alat Pembentuk Citra Diri Pada Mahasiswa. Universitas Sriwijaya.

Stevens, R., Gilliard-Matthews, S., Dunaev, J., Woods, M. K., & Brawner, B. M. (2017). The digital hood: Social media use among youth in disadvantaged neighborhoods. New Media and Society, 19(6), 950–967. https://doi.org/10.1177/1461444815625941

Tribunnews.com. (2016). Mayoritas Pengguna Aktif Instagram di Indonesia Adalah Anak Muda Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mayoritas Pengguna Aktif Instagram di Indonesia Adalah Anak Muda. https://www.tribunnews.com/techno/2016/01/15/mayoritas-pengguna-aktif-instagram-di-indonesia-adalah-anak-muda

Weinstein, E. (2018). The social media see-saw: Positive and negative influences on adolescents’ affective well-being. New Media and Society, 20(10), 3597–3623. https://doi.org/10.1177/1461444818755634

Yuniati, Y., Yuningsih, A., & Nurahmawati, N. (2015). Konsep Diri Remaja dalam Komunikasi Sosial melalui “Smartphone.” MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 31(2), 439. https://doi.org/10.29313/mimbar.v31i2.1552