Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Iman Pemuda Gereja Huria Kristen Di Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Fredik Melkias Boiliu
Solmeriana Sinaga

Abstract

Kahadiran Covid-19 membawa dampak besar pada segala aspek kehidupan manusia dan bahkan pada gereja. Gereja yang sebelum melakukan ibadah di gedung gereja dengan tatap muka, kehadiran Covid-19 membawa perubahan pada tata cara beribadah di gereja yakni ibadah di gedung berubah menjadi ibadah rumah, ibadah tatap muka berubah menjadi ibadah online. Penelitian ini dilakukam di Gereja HKI Resort Lubukpakam untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pendidikan agama Kristen yang dilakukan oleh gereja selama masa pandemic Covid-19 terhdap pertumbuhan iman pemuda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa questionare mengenai pengaruh pembeajaran pendidikan agama Kristen di masa pandemic Covid 19 terhadap pertumbuhan iman pemuda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh, diperoleh hasil sebagai berikut. Pengajaran PAK di masa pandemic Covid 19 (X) berpengaruh terhadap pertumbuhan iman pemuda (Y) di HKI Resost Lubukpakam adalah sebesar 0,817. Besarnya kontribusi yang diberikan oleh pengajaran PAK di masa pandemic Covid 19 (X) terhadap pertumbuhan iman pemuda (Y) di HKI Resost Lubukpakam adalah sebesar 54,4%. Berdasarkan hasil penelitian yang ada, maka dapat diketahui bahwa pengajaran PAK di masa pandemic Covid-19 berpengaruh sangat signifikan terhadap pertumbuhan pemuda.

Article Details

Section
Articles

References

Arifianto, Y. A. (2020). Pentingnya Pendidikan Kristen dalam Membangun Kerohanian Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Regula Fidei, 5(1), 94–106.

Boiliu, F. M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga Di Era Digital. Te Deum: Junal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan, 10(1), 107–119.

Boiliu, M. M. P. F. M. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen Di Gereja Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Jemaat Di Era Digital. Junal Pengabdian Tribakti, 2(1), 118–132.

Elvis, M. (2020). Pedagogi di Era Digital dalam Konteks Pandemi Covid-19. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1–16.

GP, H. (2012). Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: ANDI.

Han, K. D. dan C. (2020). Pentingnya Peranan Guru Kristen dalam Membentuk Karakter Siswa dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen. Diligentia: Journal Of Theology Dan Christian Education, 2(1), 1–14.

Heryanto, J. S. (2020). Analisis Pengaruh Leadership Danpreaching The Word Of God Terhadap Pertumbuhan Iman Jemaat Dengan Pembinaan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Religious, 2(2), 106–115.

Hutahaean, H., Silalahi, L. Z. S. B. S. (2020). Spiritualitas Pandemik: Tinjauan Fenomenologi Ibadah Di Rumah. Jurnal Pendidikan Religious, 4(2), 235–250.

Hutapea, R. H. (2020). Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen di Masa Covid-19. Didaché:J ournal of Christian Education, 1(1), 1–12.

Jenri, A. & Ester, Y. N. S. (2020). Persepsi Guru Pendidikan Agama Kristen Indonesia Terhadappembelajaran Online Di Tengah Covid-19 Dan Era Industri 4.0. Jurnal Shanan, 4(2), 108–127.

Nuhamara, D. (2018). Pengutamaan Dimensi Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Jaffray, 16(1), 93.

Objantoro, E. (2014). Bencana Alam Ditinjau Dari Perspektif Teologia Alkitab. Jurnal Simpson, 1(2), 132.

Rubyantara, J. P. S. E. Z. (2020). Penulis Loh Batu Kedua Sepuluh Perintah Allah: Analisis terhadap Keluaran 34:1,28. PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 16(1), 24–32.

Rumbay, C. A. (2020). Christology in Digital Era: A Socio-systematic Theology Contribution to the Sustainable Smart Society. PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 16(1), 15–23.

Saragih, J. W. H. A. (2020). Model Asuhan Keluarga Kristen di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Taruna Bakti, 3(1), 1–11.

Siagian, T. H. (2020). Mencari Kelompok Berisiko Tinggi Terinfeksi Virus Corona Dengan Discourse Network Analysis Finding High Risk Groups To Coronavirus Using Discourse Network Analysis. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 9(2), 98–106.

Siahaya, K. M., Siahaya, J., & Rinukti, N. (2020). Tuhan Ada di Mana-mana: Mencari Makna bagi Korban Bencana di Indonesia. Kurios: Jurnal Teokogi Dan Pendidikan Agama Kristen, 6(1), 103.

Sinaga, S. (2019). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) Untuk Kelompok Disabilitas. Jurnal Regula Fidei, 4(1), 687–705.

SP, D. A. (2005). Bencana Alam, Bencana Teknologi, Racun dan Populasi Udara: Sebua Tinjauan Psikologi Lingkungan. Buletin Psikologi, 13(1), 24–25.

Sumarto, Y. (2020). Tinjauan Teologis Tentang Ibadah Bagi Pelaksanaan Misi Allah. Jurnal Jaffray, 18(1), 61.

Sun, N. S. P. (2020). Kesiapsiagaan Indonesia Menghadapi Potensi Penyebaran Corona Virus Disease. Info Singkat, 12(3), 13–15.

Tondobala, L. (2011). Pendekatan Untuk Menentukan Kawasan Rawan Bencana Di Pulau Sulawesi. Jurnal Sabua, 3(3), 40-52.

Utami, D. (2011). Efektifitas Animasi Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(11), 44–52.

Valerisha, M. A. P. A. (2020). Pandemi Global COVID-19 dan Problematika Negara-Bangsa: Transparansi Data Sebagai Vaksin Socio-digital? Jurnal Hubungan Internasional, 2(1), 2.

Widjaja, F. I., Candra, G., Togatorop, M. T., & Hartono, H. (2020). Menstimulasi Praktik Gereja Rumah di Tengah Pandemi Covid-19. Kurios, 6(1), 127–139.

ZA, S. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemic Covid 19. Jakarta: Kementrian Dalam Negeri.