Kontribusi Konsep Diri, Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMP N 1 Mengwi
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi konsep diri, motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP N 1 Mengwi tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk penelitian Survey Studi Korelasi. Populasi berjumlah 1.047 siswa, sedangkan sample digunakan 285 siswa. Variabel bebas pada penelitian ini meliputi: konsep diri, motivasi belajar, dan minat belajar, sedangkan sebagai variabel terikat adalah prestasi belajar IPS. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: terdapat kontribusi yang signifikan konsep diri, motivasi belajar, dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa baik secara terpisah maupun secara bersama-sama, dengan kontribusi sebesar 61,81%. Implikasi dari penelitian ini adalah penelitian ini memberikan pemahaman bagi guru, bahwa sangat penting memperhatikan konsep diri, motivasi belajar, dan minat belajar siswa dalam proses belajar, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.
Article Details
References
Agustina, S., & T. M. (2015). Hubungan Konsep Diri, Motivasi Berprestasi, Dengan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Education, 10(2), 501–512.
Ardianti, T. (2019). Pengaruh Konsep Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMP Negeri di Kabupaten Serang. Jurnal Selaras, 2(1).
Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, S. B. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Fau, S. (2016). Kontribusi Konsep Diri Akademik dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggrisserta Implikasinya dalam Penyusunan Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Bidang Belajar. Jurnal Konselor, 5(4).
Hurlock, E. B. (1994). Psikologi Perkembangan.Edisi V. Jakarta: Erlangga.
Ibrahim. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Lasmawan, I. W. (2016). Pendidikan IPS. Singaraja: Mediakom Indonesia Press.
Listyarti, R. (2012). Pendidikan Karakter Dalam Metode Aktif, Inovatif, Dan Kreatif. Jakarta: Esensi.
Putra, I K. R. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Kemampuan Berpikirkreatif Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 43.
Putri, K. D. (2017). Pengaruh Minat Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 11(1).
Raga, G. D. (2006). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Singaraja: Undiksha.
Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Sekolah Dasar. Jurnal Penddikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 71.
Rismayani, L. D. (2020). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(1), 10.
Ritonga, M. F. M. (2017). Hubungan Minat Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal EducanduM, 10(1).
Rusmini. (2017). Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Karakter dan Attitude. Jurnal Nur EL-Islam, 4(2), 80.
Saragi, M. P. D. (2016). Kontribusi Konsep Diri Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Konselor, 5(1).
Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di SD. Jakarta: Prenadamedia Grup.