Problematika Pembelajaran Daring: Studi Kasus di SMAN 6 Denpasar

Main Article Content

Ni Made Devi Andriani Putri
I Nengah Suastika

Abstract

Pandemi Covid 19 menyebabkan pembelajaran harus dilakukan secara daring. Pembelajaran daring memiliki karakteristiks yang berbeda dengan pembelajaran tatap muka. Selain itu, pembelajaran daring adalah hal yang baru dalam dunia pendidikan di Indonesia. Studi kasus ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran daring di SMAN 6 Denpasar. Subjek penelitian ini adalah 15 guru mata pelajaran dan 30 siswa. Guru yang terlibat terdiri dari guru Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Biologi, Kimia, Ekonomi dan Gegrafi. Sedangkan siswa tersebar dari kelas X, XI dan XII. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara dan penyebaran kuesioner. Instrumen yang digunakan adalah panduan wawancara terstruktur dan lembar kuesioner. Analisis data menggunakan data reduction, data display, conclusion drawing/verification, analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah terdapat lima problematika pembelajaran daring yang bersumber pada guru, yaitu kurangnya pengetahuan guru tentang pembelajaran daring, kurangnya literatur yang dijadikan acuan pembelajaran daring, usia guru yang relatif sudah tua, kurang terbiasa menggunakan teknologi digital dalam pembelajaran dan kurangnya kepercayaan guru terhadap kinerja siswa. Di sisi lain, terdapat tujuh problematika pembelajaran daring yang bersumber pada siswa meliputi sinyal internet yang tidak stbail, siswa yang kurang termotivasi belajar, kurangnya disiplin siswa mengikuti pembelajaran, stigma bahwa pembelajaran daring hanya formalitas, biaya pembelajaran daring, saling mencontek tugas-tugas dan kurangnya kreativitas siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.

Article Details

Section
Articles

References

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i. 7(5): 395-402. E-ISSN: 2654-9050.

Anwar, K., Nuri, R., Athifah, A. N. & Novayulianti, R. (2020). Analisis Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Duri Kepa 05. Prosiding Esaunggul, hal 279-284

Chang, K. (2006). A Research Study on Students’ Level of Acceptance in Applying E- Learning for Business Courses – A Case Study on a Technical College in Taiwan. Journal of American Academy of Business, 8(2) : 265-270.

Dalimunthe, R. R. & Risma, D. H. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19, 5, 1341– 1348.

Fee, K. H. (2005). Delivering E-Learning: A Complete Strategy for Design Application and Assessment. London and Philadelphea: Kogan Page.

Hanifah, S. U., Irna, S. L., Haibati, L. K., Puji, L. A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2): 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Isman. (2016). Pembelajaran Moda dalam Jaringan (Moda Daring).

Li, H. & Masters, J. (2009). ELearning and Knowledge Management in the Early Years: Where are We and Where should We Go. KnowledgeManagement and eLearning: An International Journal, 1(4): 245-250.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.

Prawanti, L. T. & Woro, S. (2020). KendalaPembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES

Putria, H., Maula, Luthfi, H. & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4): 861 - 872

Sutapa. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh dengan Daring Selama Pandemi COVID- 19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Pediatric Critical Care Medicine, Publish Ah, 1(1): 19–29.

Yunus. A. (2010). Strategi Membaca Teori dan Pembelajaranya. Bandung: Risqi Press

Zain, N. H., Sayekti, I. C. & Eryani, R. (2021). Problematika Pembelajaran Daring pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1840 – 1846. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1051