Pengaruh Adaptive Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar PPKn di SMKN 1 Mas Ubud

Main Article Content

I Made Subandi
I Wayan Lasmawan
I Nengah Suastika

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh motivasi dan hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran adaptive learning dalam pembelajaran PPKn kelas XI SMK Negeri 1 Mas Ubud. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang mengunakan rancangan Non-Equivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari sembilan kelas sebanyak 338 siswa. Populasi penelitian diuji kesetaraan dengan menggunakan uji-t. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah XI AK1 dan XI AK2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI AP1 dan XI AP2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan angket/kuesioner, wawancara dan tes hasil belajar PPKn. Uji hipotesis menggunakan uji t-tes dan uji Manova. Hasil uji t-tes diperoleh thitung = 7,1435, dan ttabel(0,05; 2, 38) = 1,68595 (thitung > ttabel) dan uji manova diperoleh F untuk Hotelling’ Trace = 6274.558 dan nilai signifikansi = 0,000. Berdasarkan pada hasil tersebut dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran adaptive learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn siswa kelas XI SMK Negeri 1 Mas Ubud.

Article Details

Section
Articles

References

Azwar, S. (2000). Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Arief, S. S. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Ahmad, R. (2010. Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Agung, L. & Nunuk, S. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Aqib, Z. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Ahmad, R. (2014). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Agung, W. & Anak A. K. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Perpaduan Asinkronous Dan Sinkronous Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Media Komunikasi FPIPS https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/37799

Buno, H. (2016). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Balqis, F. (2020). Mengenal Teknologi Pembelajaran Adaptive Learning dan Manfaatnya.Tirto.id

Djamarah, S. B. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmawan, D. (2015). Komunikasi Pendidikan Perspektif Bio-Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Didi, S. & Darmawan, D. (2013). Komunikasi Pembelajaran, Bandung, PT Remaja Rosdakarya Offset.

Febrini, D. (2017). Psikologi pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka pelajar

Hendri. (2014). Pemanfaatan Sharable Content Object Reference Model Dalam Menciptakan Aplikasi Web E-Learning. Jurnal Media Sistem Informasi, 8, 24.

Hadisi & Muna. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning ).

Helmawati. (2018). Mendidik anak berprestasi melalui 10 kecerdasan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Keller, J, M. (2010). Motivational Design For Learning And Performance: The ARCS Model Approach. New York: Springer

Munir. (2015). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Mustofa, C. & Sayekti. (2019). Karekteristik dalam Pembelajaran Daring). Jakarta: Daras Book.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1 (2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Mardani, N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/PIPS/article/view/272

Marjaya, N. (2021). Pengaruh Pemberian Konten Media Online Dalam Pembelajaran Ekonomi Jurnal Pendidikan IPS Indonesia 2021 2021 G.A. Yuniarta Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/PIPS/article/view/428

Nurdin & Usman. (2015). Implementasi Pembelajaran. Yogyakarta: Rajawali Pers.

Suwarno, M. (2020). Persepsi dan Pemanfaatan Siaran Intruksional Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) dalam Pembelajaran di SLTP Sejawa Timur, Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 2. hlm. 135-136.

Soegeng, A.Y. (2012). Pengembangan Sistem Pembelajaran. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya

Seno, & Zainal, A. E. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan ELearning Dalam Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 02, 183.

Susanti L. (2019). Prestasi belajar akademik dan non akademik teori dan implementasinya. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Tohirin, (2011). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Prawiradilaga, D. S. (2012). Wawasan Teknologi Pendidikan: Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Pane, A. & Muhammad, D. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 03(02):333-352

Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar.

Rio, E. P. & Sri, M. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi COVID-19, Jurnal Gagasan Pendidikan Indonesia Vol.1 No.2, 2020. hlm. 51-52.

Zaini. (2018). Program Literasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Surabaya. digilib.uinsby.ac.id