Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Audiovisual terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPS

Main Article Content

Ida Ayu Putu Ruswita Dewi
I Wayan Kertih
I Putu Sriartha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan sosial secara simultan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan audiovisual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada pembelajaran IPS. Penelitian menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian berbentuk Non-Equivalent Post-test Only Control Design. Populasi pada riset ini yakni sejumlah 100 orang siswa yang tersebar dalam 3 kelas, dengan teknik random sampling diambil sampel siswa di kelas VIII. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan sosial siswa antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan audiovisual dengan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional dengan hasil analisis Manova yang memperoleh angka statistik F sama dengan 126,572 dan angka signifikansi 0,000<0,05 untuk Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root. Selanjutnya, ditemukan juga adanya perbedaan kemampuan memecahkan masalah siswa antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan audiovisual dengan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional dengan hasil analisis angka statistik F sama dengan 38,853 dan angka sig. 0,000 < 0,05. Terakhir, terlihat ada perbedaan keterampilan sosial siswa antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan audiovisual dengan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional dengan hasil analisis angka statistik F sama dengan 235,282 dan angka sig. 0,000 < 0,05.

Article Details

Section
Articles

References

Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. Jurnal, CBIS, 3(2), 79.

Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Widya.

Ariwibowo, P., & Parmin. (2015). Pengembangan Media Audio Visual Sistem Sirkulasi Darah yang Berpendekatan Saintifik. Unnes Science Education Journal, 4(2), 881–882.

Armana, I. W. D., Lasmawan, I. W., & Sriartha, I. P. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 1(1).

Asgharheidari, F., & Abdorreza, T. (2015). A Survey of EFL Teachers’ Attitudes towards Critical Thinking Instruction. Journal of Language Teaching and Research, 6(2), 388–396.

Candiasa, I. M. (2007). Statistik Multivariat disertai Petunjuk Analisis dengan SPSS. Program Pascasarjana Undiksha.

Darmawan, A. A. G. A., Wesnawa, I G. A., & Astawa, I. B. M. (2022). Pengintegrasian Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kaja-Kelod ke dalam Pembelajaran IPS sebagai Upaya Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP Negeri 1 Gianyar. Media Komunikasi FPIPS, 21(2), 191-202. https://doi.org/10.23887/mkfis.v21i2.47235

Dewi, N. A., Wesnawa, I. G. A., & Kertih, I. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Peta Pikiran, Keterampilan Sosial Dan Kompetensi Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 1(1).

Djamarah, Z. A. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Haji, A. G., Safriana, & Safitri, R. (2015). The Use of Problem Based Learning to Increase Students’ Learning Independent And To Investigate Students’ Concept Understanding on Rotational Dynamic at Students of SMA Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1), 67–72.

Hardini. (2015). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKN Melalui Metode Sosiodrama Di Kelas 5 SD Tlompakan 01-Tuntang, Scholaria. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1).

Heri, Y., Sriartha, I P., & Suastika, I N. (2021). Pengembangan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Suku Sasak Sebagai Suplemen Materi Ajar Pada Mata Pelajaran IPS SMP Negeri 4 Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Media Komunikasi FPIPS, 20(2), 118-129. https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i2.36799

Kusadi, N. M. R. (2019). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 1(1).

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1).

Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & Suastika, I. N. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1).

Murwantono, S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Stimulan Gambar. Jurnal Pendidikan IPS, 2(1).

Nurhadi, E. al. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. UM Press.

Pramono, S. E. (2013). Hakikat Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Widya Karya.

Purna, M. R. P., Kertih, I W., & Atmadja, A. T. (2021). Pengintegrasian LPD Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Singaraja. Media Komunikasi FPIPS, 20(2), 130-138. https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i2.36802

Ramlah, D. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Journal Uniska, 1(1).

Rismayani, L. D., Kertih, I. W., & Sendratari, L. P. (2020). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 1(1).

Rizka, B., & Lismalinda. (2021). The Influence of Problem-Based Learning Model on Students’ Learning Outcomes in Aceh Private University. Media Komunikasi FPIPS, 20(1), 56-60. https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i1.30430

Sahar, A. N., Pageh, I M., & Mudana, I. W. (2022). Kehidupan Bertoleransi di Kampung Islam Kepaon Bali dalam Perspektif Tri Hita Karana sebagai Sumber Belajar IPS di SMP/MTs. Media Komunikasi FPIPS, 21(2), 166-179. https://doi.org/10.23887/mkfis.v21i2.50258

Sastrini, Ni Nyoman. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas VIII Mts Negeri Gilimanuk”. Jurnal Pendidikan APSI Volume 1 No. 2, Bulan Juli, Tahun 2015 (halaman 132-137).

Sopiah, S. (2015). Keefektifan Media Audio Visual Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Tema Tata Surya terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. Skripsi, Semarang.

Sumitadewi, N. L. S. N., Wesnawa, I G. A., & Astawa, I. B. M. (2022). Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan Media Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 3 Sukawati. Media Komunikasi FPIPS, 21(2), 141-153. https://doi.org/10.23887/mkfis.v21i2.49617

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group.

Wulandari, B., & Surjono, D. H. (2013). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2).

Zamzam, K. . (2016). Pendekatan Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pedagogia, 5(2).

Zulfiati, Maria, H., & Chairiyah. (2014). Bahan Ajar Pendidikan IPS SD. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.