Metode Role Playing Berbasis Billingual untuk Meningkatkan Kemampuan dan Hasil Belajar Siswa SMP Laboratorium Undiksha

Main Article Content

Ketut Valien Wira Atmaja
I Putu Sriartha
I Wayan Kertih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan metode role playing (RPL) berbasis bilingual dalam meningkatkan nilai belajar siswa pada mata pelajaran IPS, mengetahui keefektifan pembelajaran dengan metode RPL berbasis bilingual dalam meningkatkan keterampilan komunikasi bahasa asing, dan mengetahui respon siswa dalam pembelajaran IPS dengan metode RPL berbasis bilingual. Penelitian ini dirancang dalam penelitian tindakan kelas dalam dua siklus di SMP Laboratorium Undiksha. Subjek dalam penelitian ini adalah 18 siswa kelas VIII-3 dan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan dan hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui tes dan angket. Kemudian, data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode role playing berbasis bilingual terbukti efektif digunakan untuk meningkatkan hasil nilai siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII-3 di SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. Pembelajaran dengan metode role playing berbasis bilingual terbukti efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi berbahasa asing di kelas VIII-3 di SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. Siswa Kelas VIII-3 SMP Laboratorium Undiksha tahun ajaran 2021/2022 memberikan tanggapan yang positif terhadap pembelajaran IPS dengan menggunakan metode role playing berbasis bilingual.

Article Details

Section
Articles

References

Agustin, L. G. R. U., & Lasmawan, I. W. (2019). Pengaruh model pembelajaran koopoeratif terhadap pencapaian kompetensi belajar IPS ditinjau dari motivasi berprestasi siswa. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(2), 84-95.

Armana, I. W. D., Lasmawan, I. W., & Sriartha, I. P. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 63-71.

Darmadi, H. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Darmawan, A. A. G. A., Wesnawa, I G. A., & Astawa, I. B. M. (2022). Pengintegrasian Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kaja-Kelod ke dalam Pembelajaran IPS sebagai Upaya Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP Negeri 1 Gianyar. Media Komunikasi FPIPS, 21(2), 191-202. https://doi.org/10.23887/mkfis.v21i2.47235

Gunawan, P., Lasmawan, I. W., & Kertih, I. W. (2021). Kontribusi konsep diri, disiplin belajar dan ekspektasi karir terhadap hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(2), 66-76.

Heri, Y., Sriartha, I P., & Suastika, I N. (2021). Pengembangan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Suku Sasak Sebagai Suplemen Materi Ajar Pada Mata Pelajaran IPS SMP Negeri 4 Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Media Komunikasi FPIPS, 20(2), 118-129. https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i2.36799

Latip, A. (2016). Faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran mata pelajaran IPS di SMP. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(2).

Murniviyanti, L., Shaikh, M., & Syandri, G. (2020). The effectiveness of role-playing model on upgrading students’ skill of appreciation. International Journal of Educational Review, 2(1), 106-110.

Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai alat komunikasi, citra pikiran, dan kepribadian. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 306-319).

Ofelia Garcia, Angel M.Y. Lin, Stephen May, Nancy Hornberger. (2017). Bilingual and multilingual. New York. Education: Springer International Publishing.

Purna, M. R. P., Kertih, I W., & Atmadja, A. T. (2021). Pengintegrasian LPD Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Singaraja. Media Komunikasi FPIPS, 20(2), 130-138. https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i2.36802

Ratnawati, E. (2016). Pentingnya pembelajaran IPS terpadu. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 2(1).

Sahar, A. N., Pageh, I M., & Mudana, I. W. (2022). Kehidupan Bertoleransi di Kampung Islam Kepaon Bali dalam Perspektif Tri Hita Karana sebagai Sumber Belajar IPS di SMP/MTs. Media Komunikasi FPIPS, 21(2), 166-179. https://doi.org/10.23887/mkfis.v21i2.50258

Samsibar, S., & Naro, W. (2018). The effectiveness of role play method toward students’ motivitation in English conversation. Eternal (English, Teaching, Learning, and Research Journal), 4(1), 107-116.

Saptono, L., Soetjipto, B. E., Wahjoedi, W., & Wahyono, H. (2020). Role-playing model: Is it effective to improve students’ accounting learning motivation and learning achievements. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(1), 133-143.

Sumitadewi, N. L. S. N., Wesnawa, I G. A., & Astawa, I. B. M. (2022). Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan Media Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 3 Sukawati. Media Komunikasi FPIPS, 21(2), 141-153. https://doi.org/10.23887/mkfis.v21i2.49617

Wahyudi, A. B. E., & Suardiman, S. P. (2013). Meningkatkan karakter dan hasil belajar IPS menggunakan metode bermain peran pada siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 1(2), 113-123.