Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Efikasi Diri dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Quantum Teaching terhadap efikasi diri siswa pada mata pelajaran IPS, pengaruh model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa dan pengaruh secara simultan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap efikasi diri dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ekperimen semu dengan rancangan posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Jembatan Budaya yang berjumlah 166 orang siswa yang tersebar dalam tujuh kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik random sampling berjumlah 48 orang siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Quantum Teaching, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah efikasi diri dan hasil belajar siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan metode tes, sedangkan data efikasi diri siswa dikumpulkan dengan metode kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Manova. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model quantum teaching terhadap efikasi diri siswa pada mata pelajaran. Temuan lainnya adalah terdapat pengaruh yang signifikan model quantum teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan juga terdapat pengaruh yang simultan model pembelajaran quantum teaching terhadap efikasi diri dan hasil belajar siswa.
Article Details
References
Adeng, P. (2018). Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Jakarta. Research and Development Journal of Education, 5(1).
Adha, M. M., & Yanzi, H. (2013). Model Pengembangan Pembelajaran Pendididikan Kewarganegaraan Berbasis Multikultur Dalam Rangka Menanamkan Nilai-Nilai Ham Dan Demokrasi. Media Komunikasi FPIPS, 12(2), 1-16. https://doi.org/10.23887/mkfis.v12i2.1705
Ari, S. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching. Indonesian Journal Of Learning Education and Counseling, 1(1).
Ariyati, Sriartha, I P., & Suastika, I N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Pasar Tradisional Terhadap Literasi Ekonomi Dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2).
Bhaskara, P. E. W., Sriartha, I P., & Suastika, I. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning berbantuan Platform Edmodo terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Taman Sastra Jimbaran. Media Komunikasi FPIPS, 21(2), 154-165. https://doi.org/10.23887/mkfis.v21i2.49415
De Porter, B. R.,& Nourie, S. S. (2010). Quantum Teaching. Jakarta: Kaifa.
Dinar. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. International Journal of Elementary Education, 3(4).
Elsinora. (2016). Metode Quantum Learning untuk Meningkatkan Efikasi Diri dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 4(1).
Ermannudin. (2021). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 7 Kerinci. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2).
Julaga, E. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Mengolah Makanan Kontinental Program Studi Tata Boga. Jurnal Tehnologi Pendidikan, 12(2).
Lasmita. (2018). Pengaruh Metagoknitif Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Efikasi Diri Siswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 6(2).
Leli. (2021). Efektivitas Model Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX SMP Negeri 18 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(1).
Ridha, A. (2021). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(1).
Rizka, B., & Lismalinda. (2021). The Influence of Problem-Based Learning Model on Students’ Learning Outcomes in Aceh Private University. Media Komunikasi FPIPS, 20(1), 56-60. https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i1.30430
Suardana, Lasmawan, I W., & Sriartha, I P. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended-Scientific Learning Berbantuan Quipper School Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2).
Subandi, I M., Lasmawan, I W., & Suastika, I. N. (2022). Pengaruh Adaptive Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar PPKn di SMKN 1 Mas Ubud. Media Komunikasi FPIPS, 21(2), 180-190. https://doi.org/10.23887/mkfis.v21i2.49764
Sumitadewi, N. L. S. N., Wesnawa, I G. A., & Astawa, I. B. M. (2022). Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan Media Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 3 Sukawati. Media Komunikasi FPIPS, 21(2), 141-153. https://doi.org/10.23887/mkfis.v21i2.49617
Wahyuni, A., Atmaja, N. B., & Kertih, I W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar IPS Pada Peserta didik Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Kesuma Sari Denpasar. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 2(2).
Widiantari, A. A. K. A., Wesnawa, I G. A., & Mudana, I. W. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Perpaduan Asinkronous Dan Sinkronous Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Ekonomi. Media Komunikasi FPIPS, 20(2), 151-160. https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i2.37799
Yahya, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 8(2).