Pengembangan Nilai–Nilai Kebangsaan dan Kebhinekaan melalui Discovery Learning Model Berbantuan Google Classroom dalam Pembelajaran Sejarah

Main Article Content

Benediktus Kristianto Nobar Ontu
Sukadi
I Wayan Kertih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Discovery Learning Model dengan bantuan Google Classroom dalam pembelajaran Sejarah di SMAK Soverdi Tuban, serta mengevaluasi perbedaan nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan siswa antara kelas yang menerapkan model tersebut dengan kelas yang tidak, menggunakan desain quasi-eksperimental dengan Non-Equivalent Post-Test Only Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner dan pencatatan dokumen, dan hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan terdapat perbedaan signifikan dalam nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan siswa antara kelas yang menerapkan Discovery Learning Model dengan yang tidak, serta terdapat perbedaan signifikan dalam nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan siswa secara terpisah antara kedua kelas.

Article Details

Section
Articles

References

Adha, M. M., & Yanzi, H. (2013). Model Pengembangan Pembelajaran Pendididikan Kewarganegaraan Berbasis Multikultur Dalam Rangka Menanamkan Nilai-Nilai Ham Dan Demokrasi. Media Komunikasi FPIPS, 12(2), 1-16. https://doi.org/10.23887/mkfis.v12i2.1705

Alani, T. R. R., Obielodan, O. O., Onojah, A. O., Omotayo, A. S., Onojah, A. A., & Alasan, N. J. (2022). Relationship between Sciences and Education Lecturers’ Perceived Use of Mobile Technologies for Instruction. Media Komunikasi FPIPS, 21(1), 39-48. https://doi.org/10.23887/mkfis.v21i1.41141

Anggoro, B. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning Dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1): 11-20.

Anggraini, E. (2019). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 9 Bandar Lampung. Diss. UIN Raden Intan Lampung.

Bhaskara, P. E. W., Sriartha, I P., & Suastika, I. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning berbantuan Platform Edmodo terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Taman Sastra Jimbaran. Media Komunikasi FPIPS, 21(2), 154-165. https://doi.org/10.23887/mkfis.v21i2.49415

Bruner, J., Calegari, F., & Handfield, T. (2020). The Evolution of the Endowment Effect. Evolution And Human Behavior, 41(1): 87-95.

Dewi, N. L. K. L., Ignatius, I. W. S., & Rati, N. W. (2014). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Tahun Pelajaran 2013/2014 Di SD Segugus 1 Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Djuhara, R. F. A. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom Pada Pembelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Prakarya Internasional Bandung. Diss. FKIP UNPAS.

Elneri, N., Thahar, H. E., & Abdurahman. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Mamak Karya Nelson Alwi. Puitika, 14(1): 1-13.

Fatimah, S. (2013). Implementasi Pendekatan Discovery Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Menengah Di FKIP UNSRI. Jurnal Forum Sosial, 6(1).

Insani, M. N. (2019). Analisis Struktur Micro Material Baja Karbon Rendah (St 37) Sni Akibat Proses Bending. Diss. Universitas Negeri Makassar.

Irwanto & Irwansyah. (2020). Pendekatan Social Construction of Technology untuk Teknologi Pendidikan di Indonesia. Media Komunikasi FPIPS, 19(1), 28-41. https://doi.org/10.23887/mkfis.v19i1.24184

Jackson, K. D. (1980). The Prospects For Bureaucratic Polity." Political Power And Communications In Indonesia.

Kamilah, S. Z. (2021). Literatur Review: Factor-Factor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Beresiko Anemia Pada Remaja Putri. Jurnal Kesehatan Bidkesmas Respati, 12(1): 54-74.

Misbah, D., Surya, M., & Maskur. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Yang Berbasis Power Point Model Pop Up Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kosakata Mata Pelajaran Bahasa Arab. Teknologi Pembelajaran, 2(2).

Moi, M. S. (2007). Program Studi Pendidikan Sejarah Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Sidoarjo. Repository Stkip Pgri Sidoarjo.

Nirmala, P. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tilamuta Dalam Pembelajaran Ekonomi Melalui Model Discovery Learning. Normalita (Jurnal Pendidikan), 9(1).

Saputra, W. H. (2022). Analisis Pembelajaran Daring Dengan Media Pembelajaran Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar (Studi Literatur). Diss. FKIP UNPAS.

Sari, S., Sriartha, I P., & Kertih, I W. (2020). Jurnal Pengembangan Handout Berbasis Nilai Toleransi Dan Nasionalisme Dalam Pembelajaran IPS.

Talin, D. I. S. D. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Learning Tipe Question Student Have (Qsh) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas Xii Ipa 2 SMA Negeri 1 Kencong Tahun Ajaran 2016/2017.

Tsanawiyah, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Dan Rasa Ingin Tahu Siswa. Diss. FKIP UNPAS.

Vivin, N. H., Vivin, A. A., & Pujiati, P. (2017). Implementasi Buku Ajar IPS Berbasis Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv SD." Prosiding Seminar Nasional PGSD, 1(1).

Widiantari, A. A. K. A., Wesnawa, I G. A., & Mudana, I. W. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Perpaduan Asinkronous Dan Sinkronous Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Ekonomi. Media Komunikasi FPIPS, 20(2), 151-160. https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i2.37799