Tuntutan Digital Literasi pada Kurikulum Pendidikan IPS

Main Article Content

I Gusti Ayu Sundari Meyanti
I Wayan Lasmawan

Abstract

Kemajuan teknologi digital yang pesat telah membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Karena literasi digital menjadi semakin penting dalam menavigasi era digital, maka sangat penting untuk menilai kesesuaian kurikulum pendidikan dengan tuntutan literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian Kurikulum Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan tuntutan literasi digital. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, penelitian ini melakukan tinjauan literatur yang komprehensif untuk memeriksa literatur yang ada tentang integrasi literasi digital dalam Kurikulum Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Berbagai sumber seperti artikel ilmiah, buku, dan pedoman kurikulum ditelaah untuk mengidentifikasi kondisi kesesuaian antara kurikulum dan tuntutan literasi digital saat ini. Temuan penelitian ini mengungkapkan beberapa aspek penting terkait kesesuaian kurikulum dengan tuntutan literasi digital. Pertama, terdapat pengakuan akan pentingnya memperkenalkan konsep literasi digital dalam kurikulum, meskipun masih diperlukan perbaikan lebih lanjut untuk memastikan integrasi yang sistematis dan terintegrasi. Kedua, pemanfaatan teknologi dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial bervariasi di antara sekolah dan guru, yang mengindikasikan perlunya strategi implementasi yang lebih efektif dan konsisten. Berdasarkan temuan ini, direkomendasikan agar Kurikulum Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial memperkuat integrasi konsep literasi digital, memberikan pelatihan dan dukungan yang memadai bagi guru, menggabungkan kegiatan kolaboratif yang memanfaatkan teknologi, dan menawarkan sumber daya digital berkualitas tinggi. Kolaborasi antara sekolah, industri, dan komunitas digital juga dapat memperkaya kurikulum melalui pengalaman nyata dan praktik terkini terkait literasi digital.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

I Wayan Lasmawan, Universitas Pendidikan Ganesha

Mahasasiswa S3 Ilmu Pendidikan Undiksha

References

Erol, H. (2021). A Review of Social Studies Course Books Regarding Digital Literacy and Media Literacy. International Journal of Higher Education, 10(5), 101. https://doi.org/10.5430/ijhe.v10n5p101

Erol, H. (2021). Reflections on the 21st Century Skills into the Curriculum of Social Studies Course. International Journal of Education and Literacy Studies, 9(2), 90. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.9n.2p.90

Kamil, N. M., & Pramudiya, G. A. (2016). Transformasi Kurikulum Pendidikan IPS Dalam Kesiapan Menyambut Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(2), 122–143.

Kılıç, F., & Saygılı, S. (2022). New Normal: The Future Curriculum Development in Education. The Asian Institute of Research Education Quarterly Reviews, 5(2), 202–215. https://doi.org/10.31014/aior.1993.05.02.481

Kowiyah, S., Riyanto, Y., & Harmanto, H. (2021). Contextualization And Connectivity of Digital Literacy in Primary School Social Studies During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(3). https://doi.org/10.33578/pjr.v5i3.8312

Kurniawati, S., Dahlan, D., Parhah, S., Geminastiti, K., & Hilmiatussadiah. (2022). Teacher Difficulties on Online Learning in Economics Subject. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 31(1), 25–39.

Kuru, E. (2022). Digital Literacy Skill Levels of Teacher Candidates. International Journal of Education and Literacy Studies, 10(4), 27–35. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.10n.4p.27

Lasmawan, I. W. (2019). Spectrum of Social Studies: Testing of the Social Reconstruction Vygotsky’s Paradigm in Elementary Schools Social Studies Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2), 159. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.19231

Nur, M. (2022). Pembelajaran IPS Berbasis Literasi Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 2(6).

Sariyatun, Suryani, N., Sutimin, L. A., Abidin, N. F., & Akmal, A. (2021). The effect of digital learning material on students’ social skills in social studies learning. International Journal of Instruction, 14(3), 417–432. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14324a

Suwarto, D. H., Setiawan, B., & Machmiyah, S. (2022). Developing Digital Literacy Practices in Yogyakarta Elementary Schools. The Electronic Journal of E-Learning, 20(2), 101–111. www.ejel.org

Taşkıran, C., & Salur, M. (2021). Analysis of the Opinions of Social Studies Teachers on Digital Literacy Skills. World Journal of Education, 11(2), 72. https://doi.org/10.5430/wje.v11n2p72

Tipuk Lestari, E., Irawani, F., & Ilmu Pendidikan pengetahuan Sosial, F. (2021). Analisis Metode Ceramah Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Budaya Sosial, 1(2), 11–19.