Uses and Gratification Penggunaan Media Sosial untuk Media Pembelajaran Blended Learning (Studi pada Mahasiswa UHAMKA)

Main Article Content

Vilya Dwi Agustini
Indrianti Indrianti

Abstract

Penelitian ini membahas fenomena perkuliahan blended learning yang dilakukan di lingkungan UHAMKA, Uses and Gratification theory digunakan sebagai teori yang menganalisis media sosial apa yang dirasa dapat memenuhi kebutuhannya dalam perkuliahan blended learning. Berdasarkan 5 asumsi dalam Uses and Gratification Theory mencoba menjawab pertanyaan media apa yang dianggap dapat memenuhi kebutuhan informasi dalam perkuliahan blended learning. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif Metode survei dilakukan dengan pengambilan sampel dan pengolahan data melalui sistem computer SPSS. Hasil survei menunjukan Email menjadi media yang paling membantu dibandingkan media lainnya dan dengan menggunakan media sosial membuat mereka merasa mudah mendapatkan informasi terkait perkuliahan dan membangun koneksi dengan teman sekelas. Dari keseruhan 396 responden sebanyak 72.48% responden memilih Whatsapp, Twitter 12%, Instragram sebanyak 2,5%, kemudian Telegram 1,0% media sosial lainnya (discort, line dll) 11,1% dan Facebook dengan 0,25%. Hasil penelitian menunjukan kebutuhan akan media selain LMS dalam perkuliahan blended learning masih dibutuhkan, hal ini didasari dari akseblititas, kemudahan fitur hingga kemudahan dalam membangun keterhubungan dengan teman sekelas.

Article Details

Section
Articles

References

Agustini, V. D. (2021). Media Sosial Sebagai Tempat Literasi Ibadang (Pendekatan Uses and Gratification Pada Channel Youtube TVMU). Borobudur Communication Review. https://doi.org/https://doi.org/10.31603/bcrev.4899

Creswell, J. W. (2021). Research Design (V). Pustaka Pelajar.

Mulyono, H., Suryoputro, G., & Jamil, S. R. (2021). The application of WhatsApp to support online learning during the COVID-19 pandemic in Indonesia. Heliyon, 7(8), e07853. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07853

Platform-Media-Sosial-yang-Banyak-digunakan-di-Indonesia-Tahun-2023. (n.d.).

Saputra, A. (2019). Survei Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses and Gratifications. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 40(2), 207. https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.476

Tabachnick, B. G., & Fidell, L. S. (2013). Using Multivariate Statistics. In Pearson (Vol. 6).

Tavakol, M., & Dennick, R. (2011). Making sense of Cronbach’s alpha. International Journal of Medical Education, 2, 53–55. https://doi.org/10.5116/ijme.4dfb.8dfd

van Griethuijsen, R. A. L. F., van Eijck, M. W., Haste, H., den Brok, P. J., Skinner, N. C., Mansour, N., Gencer, A. S., & BouJaoude, S. (2015). Global patterns in students’ views of science and interest in science. Research in Science Education, 45(4), 581–603. https://doi.org/10.1007/s11165-014-9438-6