Pengembangan Media Pembelajaran IPS berbasis Platform TikTok untuk Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP

Main Article Content

I Gusti Ketut Kripna Dewi
I Wayan Kertih
Tuty Maryati

Abstract

Motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS SMP di Singaraja sangat rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menjelaskan tahapan pengembangan media pembelajaran IPS berbasis Platform TikTok untuk meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa kelas VII SMP di Singaraja; (2) Mengkaji peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Platform TikTok sebagai media pembelajaran IPS siswa kelas VII SMP di Singaraja; (3) Menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan platform TikTok sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP di Singaraja. Desain penelitian pada penelitian ini adalah model 4D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP di Singaraja. Teknik yang digunakan dalam memilih sampel adalah teknik sampling acak sederhana. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi, angket dan tes. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Deskripsi tahapan pengembangan media pembelajaran IPS berbasis Platform TikTok untuk meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa kelas VII SMP di Singaraja; (2) terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Platform TikTok sebagai media pembelajaran IPS kelas VII SMP di Singaraja; (3) terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan platform TikTok sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP di Singaraja. Implikasi penelitian ini adalah (1) pendidik hendaknya memanfaaatkan media pembelajaran sesuai dengan minat siswa; (2) sekolah memfasilitasi siswa khususnya dalam penyediaan jaringan internet yang baik dan stabil; (3) guru lebih kreatif dalam mengelola media yang digunakan.

Article Details

Section
Articles

References

Bafadal, F., Angelina, A., Haetami, M., Yunitaningrum, W., Triansyah, A., & Fachrurrozi Bafadal, M. (2023). Motivasi Belajar Teknik Dasar Basket Dengan Menggunakan Media Sosial Tik Tok Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 10694–10709. https://doi.org/10.31004/INNOVATIVE.V3I2.1609

Hutamy, E. T., Swartika, F., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran. https://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/294

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/JPAI.V8I2.949

Nadiva, D. N. (2022). Pemanfaatan media Tik Tok dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMAN 1 Lawang. http://estheses.uin-malang.ac.id/34995/

Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(02), 425–436. https://doi.org/10.34005/AKADEMIKA.V10I02.1406

Semmel, D. S., Semmel, M. I., & Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Childern. National Center for Improvement of Educational System.

Setyosari, P., & Sikhabuden. (2005). Media Pembelajaran. Penerbit Elang Mas.

Wiryokusumo, I. (1988). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. PT Rineka Cipta.

Wuwungam, K. E., Himpong, M. D., & Lotulung, L. J. H. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Edukasi Bagi Mahasiswa. Acta Diurna Komunikasi, 4(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/40129

Zaeriyah, S. (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Tik-Tok. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 106–111. https://doi.org/10.51169/IDEGURU.V8I1.458