Analisis Kepekaan Sosial Mahasiswa Pendidikan Sejarah dalam Menghadapi VUCA

Main Article Content

Supriyanto Supriyanto
Isbandiyah Isbandiyah

Abstract

Penelitiaan ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang muncul dewasa ini, diantaranya kompleksnya permasalahan, banyaknya tantangan, bergejolak, kondisi yang tidak pasti, dan terjadi perubahan cepat, yang dikenal dengan istilah VUCA (volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity). Oleh karena itu, perlu melakukan penelitian dengan tujuan menganalisis kepekaan sosial mahasiswa Pendidikan Sejarah dalam menghadapi VUCA di bidang pendidikan. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun prosedur penelitian ini mencakup tiga tahap, yaitu: tahap persiapan lapangan; tahap penelitian lapangan, meliputi: teknik pengumpulan data, reduksi data, dan keabsahan data; dan tahap analisis data dan pelaporan penelitian. Hasil penelitian ini diuraikan bahwa kecenderungan kepekaan sosial yang diperlukan dalam mengahapi VUCA adalah kesadaran diri. Untuk kepekaan sosial mahasiswa pendidikan sejarah dalam menghadapi VUCA, lebih dominan pada kepekaan sosial dalam menghadapi berbagai perubahan yang cepat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kepekaan sosial sangat diperlukan dalam menghadapi VUCA, khususnya di bidang pendidikan.

Article Details

Section
Articles

References

Aribowo, H., & Wirapraja, A. (2018). Strategi Inovasi dalam Rangka Menjaga Keberlanjutan Bisnis dalam Menghadapi Era Volatility, Uncertainty, Compelxity, dan Ambiguity (VUCA). Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 9(1), 51-58.

Bahri, Syamsul. (2022). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Bercirikan VUCA. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 3(2), 37-51. https://doi.org/10.56806/jh.v3i2.82

Barnawi dan Jajat Darojat. (2018). Penelitian Fenomenologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Darmadi, Hamid. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial: Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Firmansyah, A., & Fahrani, N. S. (2019). Rencana Suksesi Pegawai Negeri Sipil di Era VUCA. Civil Service Journal, 13(2), 1-14.

Isnaeni. (2017). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kepekaan Sosial Anak di Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Inspirasi, 1(1), 105-118. https://doi.org/10.61689/inspirasi.v1i1.7

Ivan, M. (2021). Paradigma Baru Program Studi Pendidikan Non Formal/Pendidikan Luar Sekolah (PNF/PLS) di Era VUCA. Pakar Pendidikan, 19(2), 87-100. https://doi.org/10.24036/pakar.v19i2.210

Kennedy, P. S. J. (2020). Tantangan Pendidikan Tinggi Menghadapi Perkembangan Teknologi Digital dalam Era VUCA (L. Sintha, T. Guswantoro, F. Tobing, A. Purnamasari, & S. Putra, Eds.; pp. 133–148). UKI Press. http://repository.uki.ac.id/3870/

Maskanah, I., & Sae, H. L. (2021). Efektivitas Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 279-285. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.60

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. (1994). An Expanded Source Book: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.

Mukhlisah, Fauziah. (2021). Pelatihan Kepemimpinan Smart Overnance: Adaptasi Era VUCA Smart Governance Leadership Training: Adaptation VUCA Era. Jurnal Analis Kebijakan, 5(2), 166-185. https://doi.org/10.37145/jak.v5i2.488

Mustari, Muhammad. (2011). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Mz, S., & Rahmawati, F. (2019). Peran Guru dalam Penggunaan Multimedia Interaktif di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Nursyifa, Aulia. (2019). Transformasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 51-64. http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p51-64

Pitoewas, Berchah dkk. (2020). Analisis Kepekaan Sosial Generasi (Z) di Era Digital dalam Menyikapi Masalah Sosial. Jurnal Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik PKn, 7(1), 17-23. 10.36706/jbti.v7i1.11415

Poernomo, Baby. (2020). Peran Perguruan Tinggi dalam Menyiapkan Pemimpin Masa Depan menghadapi Era VUCA. Prosiding Seminar Stiami, 7(2), 70-80.

Rojima, E. (2018). Upaya meningkatkan kepekaan sosial melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi di man pematang bandar. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sapriya. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setyosari, Punaji. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soraya, Nadia Aurora, dll. (2022). Nasionalisme Bangsa Di Era VUCA (Volality, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity). Jurnal Kewarganegaraan, 6(1). https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2701

Tondok, Marselius Sampe. (2012). Melatih Kepekaan Sosial Anak. Surabaya: Harian Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 5 (2). Surabaya Post.

Utami, Tri H. dkk. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Sikap Peduli Sosial Siswa di SMP Negeri 1 Palembang. Journal Bhinneka Tunggal Ika, 6(1), 17-36. https://doi.org/10.36706/jbti.v6i1.7920

Wardini, A. K. (2018). Human Capital dan Keunggulan Bersaing di Era Industri 4.0. Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/7889/1/orasi-13nov2018.pdf.