Efektivitas Akun TikTok sebagai Media Berita dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Generasi Z: Studi Kasus di UINSU
Main Article Content
Abstract
Perkembangan Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas akun TikTok @Kompas.tv sebagai media berita dalam memenuhi kebutuhan informasi Generasi Z di UINSU. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi. Sebanyak 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling menjadi sampel penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa akun @Kompas.tv memperoleh skor rata-rata 3,11 pada tujuh indikator yang diukur, yaitu: Kredibilitas, Konteks, Konten, Kejelasan, Kontinuitas dan Konsistensi, Saluran, serta Kapabilitas Audiens. Skor rata-rata ini mengindikasikan bahwa akun TikTok @Kompas.tv berada dalam kategori "efektif" dalam memenuhi kebutuhan informasi Generasi Z di UINSU. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa akun @Kompas.tv berhasil memenuhi harapan Generasi Z dalam hal penyampaian informasi. Implikasinya adalah bahwa media berita dapat memanfaatkan platform TikTok sebagai sarana yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan penyebaran informasi kepada Generasi Z secara lebih luas.
Article Details
References
Adnyana, I. M. D. M. (2021). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116.
Afizha, J., & Kholik, A. (2021). Penerapan Komunikasi Efektif 7C Dalam Pelayanan Informasi Publik Oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang Jakarta Ii. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 3(3), 111. https://doi.org/10.24014/jrmdk.v3i3.13683
Ahamad Baihaki dan Kurnia. (2023). Efektivitas Berita Lokal Kompas Tv Terhadap Kebutuhan Informasi Seputar COVID-19. XIII(1), 28–39.
Chandra Yudistira Purnama. (2023). Pengujian Reliabilitas Alat Ukur: Alpha Cronbach (α) atau Omega Mcdonald (ω)? Buletin.K. https://buletin.k-pin.org/index.php/arsip-artikel/1369-pengujian-reliabilitas-alat-ukur-alpha-cronbach-atau-omega-mcdonald
Chriswardana Bayu Dewa, L. A. S. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 Yogyakarta In The Pandemic Time Of Covid-19. Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12, 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132
Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443
Handayani, F. P., & Merdekawati, I. (2019). Kebijakan Penggunaan Media Online Website Kompas TV Dan Youtube Untuk Menyalurkan Konten “Eksklusif Digital” Kompas TV. Jurnal Kajian Jurnalisme, 2(2), 198–211. https://doi.org/10.24198/jkj.v2i2.21361
Jannah, B. P. dan L. miftahul. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In PT Rajagrafindo Persada (Vol. 3, Issue 2).
Kompas.com. (2022). Cara Memahami Strategi Tiktok dalam Memajukan Bisnis. 14 Oktober. https://money.kompas.com/read/2022/10/14/120000226/cara-memahami-strategi-tiktok-dalam-memajukan-bisnis?page=all
Krisdanu, C. A., & Kiranastari Asoka Sumantri. (2023). TikTok sebagai Media Pemasaran Digital di Indonesia. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 7(2), 24–36. https://doi.org/10.51544/jlmk.v7i2.4173
Lingga Sekar Arum1*, Amira Zahrani2, N. A. D. (2023). Karakteristik Generasi Z dan Kesiapannya dalam Menghadapi Bonus Demografi 2030. Accounting Student Research Journal, 2(1), 59–72.
Nadia Intan Fajarlie. (2023). Kompas Tv. Kompas TV. https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Kompas_TV
Puazah, S. S., & Putra, A. (2022). Pemanfaatan Akun Tiktok Oleh Suara.com Sebagai Media Penyebaran Berita Dan Informasi. E-Proceeding of Management, 8(6), 3533–3541. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/19037/18424
Seri, R. F. (2019). Analisis Produksi Program Kata Netizen Kompas Tv. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Sugiyono (Ed.). (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sutin, N., & Rizky, R. I. (2023). TikTok Menjadi Trend 2022 di Platform Sosial Media. Journal of Social and Political Science, 3(1), 101–114.
Sya, C., Misnawati, D., Jend, J., & No, A. Y. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @ Yhoophii _ Official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1), 32–41.
Utari, U. (2018). Z generation yang berjiwa sosial. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Jalan Daksinapati Barat IV.
Widiawanti, O., Anom, E., & Iswadi. (2023). Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Referensi Wisata: Studi Kasus Pada Karyawan Indomaret di Jakarta. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 7(2), 37–46. https://doi.org/10.51544/jlmk.v7i2.4239
Yozani, R. E., Hamida, T. I., & Lubis, E. E. (2022). Efektivitas Komunikasi Akun Tiktok @buiramira Sebagai Media Edukasi Akademik Mahasiswa Universitas Riau. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 8(1), 64–81. https://doi.org/10.36914/jikb.v8i1.856
Zahbi, C. R. (2023). Pemanfaatan Tiktok Sebagai Media Pemberitaan Konten Eksploitasi Kemiskinan Pada Media Online Era. Id. In Repository.Uinjkt.Ac.Id.