https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/issue/feed Media Komunikasi FPIPS 2023-08-31T00:54:24+00:00 Putu Indra Christiawan indra.christiawan@undiksha.ac.id Open Journal Systems <div id="journalDescription"> <p>Media Komunikasi FPIPS is a journal managed by the Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS). This journal acquired printed <strong>ISSN 1412-8683</strong> and online <strong>ISSN 2714-7800</strong>, and also published in E-journal format. This journal is published twice a year in <strong>April</strong> and <strong>August</strong> by the Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS) Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) in collaboration with Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial Indonesia (HISPISI). Articles published in this journal are generated from double-blind reviews.</p> <p><span data-preserver-spaces="true">Media Komunikasi FPIPS is accredited by the </span><strong><span data-preserver-spaces="true">Ministry of Education, Cultural, Research and Technology, the Republic of Indonesia</span></strong><span data-preserver-spaces="true">, which is ranked <strong>Fourth</strong></span><strong><span data-preserver-spaces="true"><strong> </strong>Grade (Peringkat 4, Sinta 4)</span></strong><span data-preserver-spaces="true"> from 2023 to 2027 based on </span><strong><span data-preserver-spaces="true">Decree No. 152/E/KPT/2023</span></strong><span data-preserver-spaces="true">.</span></p> <p> </p> <p><strong>No Charges for Processing </strong><strong>(APcs) and Submission. </strong></p> </div> https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/56366 Pengaplikasian Pembelajaran Kontekstual berbasis Problem-Based Learning dalam Pembelajaran IPS untuk mengembangan Sikap Peduli Lingkungan 2023-02-11T13:35:02+00:00 I Ketut Selamat iketutselamat11@gmail.com Anantawikrama Tungga Atmadja anantawikrama_t_atmadja@undiksha.ac.id I Made Pageh made.pageh@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaplikasian Pembelajaran Kontekstual berbasis Problem-Based Learning, menganalisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa sebelum dan sesudah pengaplikasian Pembelajaran Kontekstual beserta ada atau tidaknya perbedaan sikap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen ini dirancang untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis Problem Based Learning Model untuk mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap peduli lingkungan siswa sebelum mengikuti pembelajaran kontekstual berbasis Problem-Based Learning Model diklasifikasikan dalam kategori cukup tinggi, sikap peduli lingkungan siswa sesudah mengikuti pembelajaran kontekstual diklasifikasikan dalam kategori tinggi, respon siswa terhadap pengaplikasian pembelajaran kontekstual diklasifikasikan dalam kategori tinggi dan terdapat perbedaan sikap peduli lingkungan terhadap siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.</p> 2023-08-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Media Komunikasi FPIPS https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/62514 Tuntutan Digital Literasi pada Kurikulum Pendidikan IPS 2023-06-29T02:44:18+00:00 I Gusti Ayu Sundari Meyanti sundari.meyanti@undiksha.ac.id I Wayan Lasmawan wayan.lasmawan@undiksha.ac.id <p>Kemajuan teknologi digital yang pesat telah membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Karena literasi digital menjadi semakin penting dalam menavigasi era digital, maka sangat penting untuk menilai kesesuaian kurikulum pendidikan dengan tuntutan literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian Kurikulum Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan tuntutan literasi digital. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, penelitian ini melakukan tinjauan literatur yang komprehensif untuk memeriksa literatur yang ada tentang integrasi literasi digital dalam Kurikulum Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Berbagai sumber seperti artikel ilmiah, buku, dan pedoman kurikulum ditelaah untuk mengidentifikasi kondisi kesesuaian antara kurikulum dan tuntutan literasi digital saat ini. Temuan penelitian ini mengungkapkan beberapa aspek penting terkait kesesuaian kurikulum dengan tuntutan literasi digital. Pertama, terdapat pengakuan akan pentingnya memperkenalkan konsep literasi digital dalam kurikulum, meskipun masih diperlukan perbaikan lebih lanjut untuk memastikan integrasi yang sistematis dan terintegrasi. Kedua, pemanfaatan teknologi dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial bervariasi di antara sekolah dan guru, yang mengindikasikan perlunya strategi implementasi yang lebih efektif dan konsisten. Berdasarkan temuan ini, direkomendasikan agar Kurikulum Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial memperkuat integrasi konsep literasi digital, memberikan pelatihan dan dukungan yang memadai bagi guru, menggabungkan kegiatan kolaboratif yang memanfaatkan teknologi, dan menawarkan sumber daya digital berkualitas tinggi. Kolaborasi antara sekolah, industri, dan komunitas digital juga dapat memperkaya kurikulum melalui pengalaman nyata dan praktik terkini terkait literasi digital.</p> 2023-08-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Media Komunikasi FPIPS https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/63531 Uses and Gratification Penggunaan Media Sosial untuk Media Pembelajaran Blended Learning (Studi pada Mahasiswa UHAMKA) 2023-06-29T02:47:29+00:00 Vilya Dwi Agustini vilyadwi@uhamka.ac.id Indrianti Indrianti vilyadwi@uhamka.ac.id <p>Penelitian ini membahas fenomena perkuliahan <em>blended learning</em> yang dilakukan di lingkungan UHAMKA, Uses and Gratification theory digunakan sebagai teori yang menganalisis media sosial apa yang dirasa dapat memenuhi kebutuhannya dalam perkuliahan blended learning. Berdasarkan 5 asumsi dalam Uses and Gratification Theory mencoba menjawab pertanyaan media apa yang dianggap dapat memenuhi kebutuhan informasi dalam perkuliahan <em>blended learning</em>. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif Metode survei dilakukan dengan pengambilan sampel dan pengolahan data melalui sistem computer SPSS. Hasil survei menunjukan Email menjadi media yang paling membantu dibandingkan media lainnya dan dengan menggunakan media sosial membuat mereka merasa mudah mendapatkan informasi terkait perkuliahan dan membangun koneksi dengan teman sekelas. Dari keseruhan 396 responden sebanyak 72.48% responden memilih Whatsapp, Twitter 12%, Instragram sebanyak 2,5%, kemudian Telegram 1,0% media sosial lainnya (discort, line dll) 11,1% dan Facebook dengan 0,25%. Hasil penelitian menunjukan kebutuhan akan media selain LMS dalam perkuliahan blended learning masih dibutuhkan, hal ini didasari dari akseblititas, kemudahan fitur hingga kemudahan dalam membangun keterhubungan dengan teman sekelas.</p> 2023-08-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Media Komunikasi FPIPS https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/65019 Pengembangan Media Pembelajaran IPS berbasis Platform TikTok untuk Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP 2023-07-01T13:50:59+00:00 I Gusti Ketut Kripna Dewi virgome99@gmail.com I Wayan Kertih wayan.kertih@undiksha.ac.id Tuty Maryati tuty.maryati@undiksha.ac.id <p>Motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS SMP di Singaraja sangat rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menjelaskan tahapan pengembangan media pembelajaran IPS berbasis Platform <em>TikTok</em> untuk meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa kelas VII SMP di Singaraja; (2) Mengkaji peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Platform <em>TikTok</em> sebagai media pembelajaran IPS siswa kelas VII SMP di Singaraja; (3) Menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan platform <em>TikTok</em> sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP di Singaraja. Desain penelitian pada penelitian ini adalah model 4D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP di Singaraja. Teknik yang digunakan dalam memilih sampel adalah teknik sampling acak sederhana<em>. </em>Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi, angket dan tes. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Deskripsi tahapan pengembangan media pembelajaran IPS berbasis Platform <em>TikTok</em> untuk meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa kelas VII SMP di Singaraja; (2) terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Platform <em>TikTok </em>sebagai media pembelajaran IPS kelas VII SMP di Singaraja; (3) terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan platform <em>TikTok </em>sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP di Singaraja. Implikasi penelitian ini adalah (1) pendidik hendaknya memanfaaatkan media pembelajaran sesuai dengan minat siswa; (2) sekolah memfasilitasi siswa khususnya dalam penyediaan jaringan internet yang baik dan stabil; (3) guru lebih kreatif dalam mengelola media yang digunakan.</p> 2023-08-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Media Komunikasi FPIPS https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/65874 Kajian Self Awareness dan Strategi Belajar Bencana Erupsi Gunungapi Merapi Peserta Didik di SMP Muhammadiyah Muntilan 2023-07-17T01:24:45+00:00 Aninda Putri Ariyanti a610200017@student.ums.ac.id Isna Fitriana a610200044@student.ums.ac.id Zahra Alleyda a610200001@student.ums.ac.id Alwi Dwi Rahmadi a610200033@student.ums.ac.id Muhammad Syafarudinnoor a610200043@student.ums.ac.id Ratih Puspita Dewi rpd229@ums.ac.id <p>pada lokasi rawan bencana erupsi Gunungapi Merapi. Dikarenakan lokasinya ini tentunya seluruh komunitasi sekolah memerlukan kewaspadaan terhadap bencana erupsi Gunungapi Merapi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis <em>self awareness</em> dan strategi belajar peserta didik terhadap bencana erupsi Gunungapi Merapi di SMP Muhammadiyah Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif yang menggunakan sampel sebanyak 192 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan peserta didik SMP Muhammadiyah Muntilan memiliki <em>self awareness</em> yang cukup baik namun belum memiliki kesadaran untuk mengembangkan <em>self awareness</em> dalam kehidupan sehari-hari. Strategi belajar peserta didik SMP Muhammadiyah Muntilan dalam mempelajari bencana erupsi Gunungapi Merapi yaitu berkonsentrasi pada proses pembelajaran, memiliki manajemen waktu, memotivasi diri, memiliki strategi mengerjakan soal ujian, memproses informasi melalui berbagai sumber, mencari ide-ide pokok materi, mencari referensi di perpustakaan, dan menggunakan alat bantu belajar sehingga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mempelajari bencana erupsi Gunungapi Merapi.</p> 2023-08-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Media Komunikasi FPIPS