Media Komunikasi FPIPS https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS <div id="journalDescription"> <p>Media Komunikasi FPIPS is a journal managed by the Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS). This journal acquired printed <strong>ISSN 1412-8683</strong> and online <strong>ISSN 2714-7800</strong>, and also published in E-journal format. This journal is published twice a year in <strong>April</strong> and <strong>August</strong> by the Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS) Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) in collaboration with Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial Indonesia (HISPISI). Articles published in this journal are generated from double-blind reviews.</p> <p><span data-preserver-spaces="true">Media Komunikasi FPIPS is accredited by the </span><strong><span data-preserver-spaces="true">Ministry of Education, Cultural, Research and Technology, the Republic of Indonesia</span></strong><span data-preserver-spaces="true">, which is ranked <strong>Fourth</strong></span><strong><span data-preserver-spaces="true"><strong> </strong>Grade (Peringkat 4, Sinta 4)</span></strong><span data-preserver-spaces="true"> from 2023 to 2027 based on </span><strong><span data-preserver-spaces="true">Decree No. 152/E/KPT/2023</span></strong><span data-preserver-spaces="true">.</span></p> <p> </p> <p><strong>No Charges for Processing </strong><strong>(APcs) and Submission. </strong></p> </div> en-US indra.christiawan@undiksha.ac.id (Putu Indra Christiawan) laba.jayanta@undiksha.ac.id (I Nyoman Laba Jayanta) Mon, 24 Jun 2024 09:54:48 +0000 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisis Kepekaan Sosial Mahasiswa Pendidikan Sejarah dalam Menghadapi VUCA https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/74865 <p>Penelitiaan ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang muncul dewasa ini, diantaranya kompleksnya permasalahan, banyaknya tantangan, bergejolak, kondisi yang tidak pasti, dan terjadi perubahan cepat, yang dikenal dengan istilah VUCA (volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity). Oleh karena itu, perlu melakukan penelitian dengan tujuan menganalisis kepekaan sosial mahasiswa Pendidikan Sejarah dalam menghadapi VUCA di bidang pendidikan. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun prosedur penelitian ini mencakup tiga tahap, yaitu: tahap persiapan lapangan; tahap penelitian lapangan, meliputi: teknik pengumpulan data, reduksi data, dan keabsahan data; dan tahap analisis data dan pelaporan penelitian. Hasil penelitian ini diuraikan bahwa kecenderungan kepekaan sosial yang diperlukan dalam mengahapi VUCA adalah kesadaran diri. Untuk kepekaan sosial mahasiswa pendidikan sejarah dalam menghadapi VUCA, lebih dominan pada kepekaan sosial dalam menghadapi berbagai perubahan yang cepat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kepekaan sosial sangat diperlukan dalam menghadapi VUCA, khususnya di bidang pendidikan.</p> Supriyanto Supriyanto, Isbandiyah Isbandiyah Copyright (c) 2024 Media Komunikasi FPIPS https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/74865 Mon, 24 Jun 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Kemampuan Belajar Metacognisi dan Self-Esteem terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA Negeri 2 Sukoharjo https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/74926 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan belajar <em>metacognisi</em> terhadap hasil belajar geografi, menganalisis pengaruh <em>self-esteem </em>terhadap hasil belajar geografi, dan menganalisis pengaruh kemampuan belajar <em>metacognisi</em> dan <em>self-esteem</em> terhadap hasil belajar geografi siswa di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner untuk mengukur kemampuan belajar <em>metacognisi</em> dan <em>self-esteem,</em> sedangkan variabel hasil belajar geografi diperoleh dari nilai raport mata pelajaran geografi selanjutnya dianalisis dengan teknik statistik yaitu uji hipotesis berupa uji korelasi <em>product moment</em> tunggal dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kemampuan belajar <em>metacognisi</em> terhadap hasil belajar geografi, terdapat pengaruh signifikan antara <em>self-esteem</em> terhadap hasil belajar geografi, dan terdapat pengaruh signifikan antara kemampuan belajar <em>metacognisi</em> dan <em>self-esteem</em> terhadap hasil belajar geografi siswa dengan nilai sig. 0,036 &lt; 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kemampuan belajar <em>metacognisi</em> dan <em>self-esteem</em> berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa.</p> Jesica Widuri Sianipar, Ratih Puspita Dewi, Muhammad Musiyam Copyright (c) 2024 Media Komunikasi FPIPS https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/74926 Mon, 24 Jun 2024 00:00:00 +0000 Analisis Peran Orangtua dalam Menyiapkan Anak Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Kelurahan Benteng Kota Palopo https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/78230 <p>Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam menyiapkan anak belajar tatap muka serta faktor yang menjadi kendala-kendala yang orang tua temui dalam menjalankan peran orang tua. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian ini adalah orang tua anak di Kelurahan Benteng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua cukup penting dalam kesiapan anak untuk mengikuti pembelajaran tatap muka, adapun peran orang tua dalam menyiapkan anak belajar tatap muka yakni sebagai fasilitator, sebagai pengajar dan pendidik, sebagai motivator dan orang tua memberikan teladan bagi anaknya. Adapun peran yang paling penting yakni menyediakan fasilitas bagi anak seperti menyediakan perlengkapan sekolah anak, menyiapkan pakaian, memberikan uang jajan dan yang paling penting menyiapkan protokol kesehatan yang akan digunakan anak kesekolah seperti masker dan handsanitizer. Dalam hal ini, ada beberapa orang tua yang mampu memaksimalkan peran mereka. Namun, ada beberapa kendala yang dialami orang tua yang peneliti temukan seperti kurangnya waktu orang tua dan orang tua cukup disibukkan dengan pekerjaan mereka sehingga orang tua tidak maksimal dalam menyiapkan anak mereka, sehingga ada beberapa anak jarang datang ke sekolah dan merasa malas karena sudah nyaman dengan pembelajaran daring. Selain itu, tingkat ekonomi juga berpengaruh dalam pemenuhan fasilitas sekolah anak, jika orangtua memberikan fasilitas yang baik makan anak-anak akan merasa bersemangat dan termotivasi untuk belajar.</p> Zakiah Surya Putri, Lilis Suryani, Nurdin Kaso Copyright (c) 2024 Media Komunikasi FPIPS https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/78230 Mon, 24 Jun 2024 00:00:00 +0000 Pendekatan Etnopedagogi dalam Mitigasi Perubahan Iklim pada Masyarakat Pesisir Bandengan Kendal https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/78981 <p>Alam tidak bisa dipisahkan dari dari kehidupan manusia. Keduanya hidup beriringan dan saling menjaga. Salah satu dari bentuk upaya masyarakat menjaga alam tercermin dalam suatu kearifan lokal (<em>local wisdom</em>). Ketika suatu wilayah terdampak perubahan iklim maka nilai kearifan lokal perlu dikedepankan sebagai pedoman hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai kearifan lokal yang terdapat pada masyarakat Bandengan terkait dalam pengelolaan lingkungan berbasis mitigasi perubahan iklim yang dapat digunakan sebagai sumber belajar etnopedagogi. Daerah Bandengan merupakan pesisir yang terdampak rob selama 3 (tiga) tahun terakhir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, subjek kajian dalam penelitian ini adalah anggota masyarakat pesisir Bandengan, yang berlokasi di Desa Bandengan Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah. Penentuan informan dilakukan menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Adapun informan yang menjadi subjek penelitian diantaranya adalah: sesepuh desa, penjual ikan di Tempat Pelelangan Ikan dan warga masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan kandungan nilai-nilai kearifan lokal yang terdapat di Bandengan terkait pengelolaan lingkungan berbasis mitigasi perubahan iklim diantaranya: Nilai Religi, Nilai Patuh, dan Nilai Sederhana. Masyarakat Bandengan yang menggantungkan hidupnya pada hasil laut menganggap laut merupakan anugerah yang harus dijaga kelestariannya. Nilai-nilai itu mereka junjung tinggi dan dipatuhi dalam kehidupan sehari-hari yang menjadi landasan kepribadian anggota masyarakat Bandengan dalam mengelola lingkungan tempat tinggalnya dalam rangka mitigasi pada perubahan iklim yang terjadi. Nilai kearifan lokal bisa menjadi sumber belajar etnopedagogi untuk diajarkan di sekolah diwujudkan dalam media pembelajaran.</p> Endah Septiani, Dewi Liesnoor Setyowati, Juhadi Juhadi Copyright (c) 2024 Media Komunikasi FPIPS https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/78981 Mon, 24 Jun 2024 00:00:00 +0000 Kepuasan Konten Edukasi Kesehatan tentang Bahaya Minuman Berpemanis Dalam Kemasan https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/79199 <p>Perkembangan media digital termasuk media sosial merupakan salah satu keberhasilan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu media sosial yang sedang populer adalah Instagram, dimana terus mengalami peningkatan jumlah pengguna setiap tahunnya. Ramainya media sosial Instagram ini juga turut serta diikuti oleh Forum For Young Indonesians dengan nama akun @fyindonesians untuk membahas terkait isu sosial khususnya pangan sehat. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kepuasan followers @fyindonesians terhadap konten edukasi kesehatan bahayanya Minuman Berpemanis Dalam Kemasan (MBDK). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan paradigma postivistik dengan jenis penelitian deksriptif, analisis data untuk penelitian ini dilakukan dengan membandingkan nilai rata-rata dari gratifications sought (GS) dan gratification obtained (GO) yang didapatkan dari hasil jawaban responden yang dikumpulan melalui kuesioner online. Penelitian ini berusaha memaparkan bagaimana kepuasan yang didapatkan oleh followers dari akun @fyindonesians terhadap konten edukasi kesehatan bahayanya MBDK melalui teori uses and gratifications, juga membandingkan antara kepuasan yang diharapkan (gratifications sought) dan kepuasan yang diterima (gratifications obtained) oleh followers menggunakan indikator kepuasan expectancy value theory. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk gratifications sought lebih besar dibandingkan gratifications obtained atau GS&gt;GO. Artinya tidak terjadi kepuasan pada followers terhadap konten edukasi kesehatan bahayanya Minuman Berpemanis Dalam Kemasan (MBDK) akun instagram @fyindonesians.</p> <p> </p> Elisa Zahra Putri Tihasanah, Kumala Hayati Copyright (c) 2024 Media Komunikasi FPIPS https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/79199 Mon, 24 Jun 2024 00:00:00 +0000