Analisis Peran Orangtua dalam Menyiapkan Anak Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Kelurahan Benteng Kota Palopo
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam menyiapkan anak belajar tatap muka serta faktor yang menjadi kendala-kendala yang orang tua temui dalam menjalankan peran orang tua. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian ini adalah orang tua anak di Kelurahan Benteng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua cukup penting dalam kesiapan anak untuk mengikuti pembelajaran tatap muka, adapun peran orang tua dalam menyiapkan anak belajar tatap muka yakni sebagai fasilitator, sebagai pengajar dan pendidik, sebagai motivator dan orang tua memberikan teladan bagi anaknya. Adapun peran yang paling penting yakni menyediakan fasilitas bagi anak seperti menyediakan perlengkapan sekolah anak, menyiapkan pakaian, memberikan uang jajan dan yang paling penting menyiapkan protokol kesehatan yang akan digunakan anak kesekolah seperti masker dan handsanitizer. Dalam hal ini, ada beberapa orang tua yang mampu memaksimalkan peran mereka. Namun, ada beberapa kendala yang dialami orang tua yang peneliti temukan seperti kurangnya waktu orang tua dan orang tua cukup disibukkan dengan pekerjaan mereka sehingga orang tua tidak maksimal dalam menyiapkan anak mereka, sehingga ada beberapa anak jarang datang ke sekolah dan merasa malas karena sudah nyaman dengan pembelajaran daring. Selain itu, tingkat ekonomi juga berpengaruh dalam pemenuhan fasilitas sekolah anak, jika orangtua memberikan fasilitas yang baik makan anak-anak akan merasa bersemangat dan termotivasi untuk belajar.
Rincian Artikel
Referensi
Aswat, H., Rosmitha Sari, E., Aprilia, R., Fadli, A., & Guru Sekolah Dasar, P. (2021). Implikasi Distance Learning di Masa Pandemi COVID 19 terhadap Kecerdasan Emosional Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 761–771. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I2.803
Dahlena Wati. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Anak Di TK Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Erlina, W., Rondhi, W. S., & Ulya, H. (2023). Analisis kesulitan belajar Siswa dalam pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi covid-19. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1), 6–12. https://doi.org/10.22460/COLLASE.V1I1.12434
Fahimah, I. (2019). Kewajiban Orang Tua terhadap Anak dalam Perspektif Islam. Hawa, 1(1). https://doi.org/10.29300/hawapsga.v1i1.2228
Faqumala, D. A., & Pranoto, Y. K. S. (2020). Kesiapan Anak Masuk Sekolah DasaR - Dwi Anisa Faqumala, Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=jikqEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=peran+orang+tua+dalam+kesiapan+anak&ots=GgA1zwN5qH&sig=svmVl7MyJLgeYE8HbhthnufLBxw&redir_esc=y#v=onepage&q=peran orang tua dalam kesiapan anak&f=false
ISP, S. M. D. (2020). Peran Orang Tua Sebagai Guru Di Rumah Pada Pembelajaran Daring Di Sd Negeri Kebonromo 3 Sragen Selama Pandemi Covid-19. 21(1), 1–20.
Jamilah. (2020). Kesiapan Orang Tua Dalam Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 86–96. https://doi.org/10.36379/autentik.v3i2.37
Kaso, N. (2010). Filsafat pendidikan : (suatu pengantar) / Nurdin Kaso ; editor, Hasbi. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=860735
Kemendikbud. (2021). Pedoman Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. 1–10.
Masyithoh, D., & Arfinanti, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (Ptmt) Pada Era New Normal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Sigma : Jurnal Pendidikan Matematika, 13, 160–167.
Ni’, mah. (2016). Peranan Orang Tua Dalam Membimbing Anak Untuk Melaksanakan Sholat Lima Waktu Di Lingkungan Pasar Kahayan Palangka Raya (Studi Terhadap Lima Kepala Keluarga yang Berprofesi sebagai Pedagang). Skripsi, 1–101.
Nur Khalimah, S. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di MI Darul Ulum Pedurungan Kota Semarang. 1–107.
Nurmasita, N., & Rofiah, N. H. (2018). Peran Orangtua Dalam Penanaman Tanggungjawab Pada Siswa Sd Muhammadiyah Ambarketawang 2 Gamping. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 74. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.72
Nurwati, R. N., & Listari, Z. P. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak. Share : Social Work Journal, 11(1), 74. https://doi.org/10.24198/share.v11i1.33642
Onde, M. K. L. O., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400–4406. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I6.1449
Poerwandari, K. (2017). Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia. In Perpustakaan Nasional RI: Katalog dalam Terbitan (KDT) (Vol. 2, Issue 2).
Suryani, L., & Hisbullah. (2021). Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi d i Desa To ’ bea Kabupaten Luwu Pendahuluan. Refleksi, 10(2), 123–132. https://jurnalrefleksi.org/
Tri Widayati: (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Perempuan Perspektif Pendidikan Islam. Journal of Materials Processing Technology, 1(1), 1–8. http://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.127252%0Ahttp://dx.doi.o
Ulfasari, N., & Fauziah, P. Y. (2021). Pendampingan Orang Tua pada Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Profesi Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 935–944. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1119
Widyasari, N., Irawan, B., & Muzayana, A. (2020). Kesiapan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Pembelajaran Jarak Jauh. Prosiding Seminar Nasional …. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8875
Yeti, F., & Wirdanengsih, W. (2022). Peran Orang Tua dalam Pelaksanaan Protokol Kesehatan di Masa Belajar Tatap Muka Terbatas. Jurnal Perspektif, 5(3), 470–478. https://doi.org/10.24036/PERSPEKTIF.V5I3.639