Pola Interaksi antara Pengajar dengan Peserta Didik Penyandang Autistik: Studi Kasus Proses Pembelajaran Video Editing di LSBA Jakarta

Isi Artikel Utama

Dunola Tri Nugraeni
Marlina Marlina
Noprita Herari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi adaptasi interaksi pengajar dalam program pembelajaran graphic design dan multimedia untuk anak-anak autisme di LSBA, khususnya dalam materi video editing yang dianggap sulit karena membutuhkan peningkatan indra sensorik dan motorik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan wawancara dan observasi partisipatif sebagai sumber data primer, serta studi literatur untuk data sekunder. Analisis dilakukan berdasarkan lima konsep dasar teori adaptasi interaksi: faktor persyaratan, faktor harapan, faktor keinginan, posisi interaksi, dan perilaku aktual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajar menyesuaikan perilaku mereka untuk mencapai tujuan bersama dengan siswa, mengatasi keterbatasan pola interaksi dalam proses pembelajaran, serta memahami dan menanggapi kebutuhan siswa autistik. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi verbal dan nonverbal yang digunakan oleh pengajar sangat penting dalam membantu siswa-siswi autistik untuk mengikuti instruksi pembelajaran, dengan penekanan pada pemahaman kebutuhan dibandingkan dengan harapan atau keinginan dalam interaksi pembelajaran.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Anna, L. K. (2019, November 21). Terapi Seni Tingkatkan Perkembangan Anak Autisme. Kompas.Com. https://lifestyle.kompas.com/read/2019/11/21/112431520/terapi-seni-tingkatkan-perkembangan-anak-autisme

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2021). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sain Dan Komputer, 1(1). https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Ayuningrum, W. M., & Herari, N. (2024). Comparative Analysis of Government Communication Strategies in Environmental Law Enforcement: A Case Study of Indonesia (DKI Jakarta) and Singapore. Journal of Communication and Public Relations, 3(2), 83–101. https://doi.org/10.37535/105003220245

Bernier, A., Ratcliff, K., Hilton, C., Fingerhut, P., & Li, C. Y. (2022). Art Interventions for Children with Autism Spectrum Disorder: A Scoping Review. In American Journal of Occupational Therapy (Vol. 76, Issue 5). American Occupational Therapy Association, Inc. https://doi.org/10.5014/ajot.2022.049320

Clough, S., & Duff, M. C. (2020). The Role of Gesture in Communication and Cognition: Implications for Understanding and Treating Neurogenic Communication Disorders. Frontiers in Human Nueroscience, 14(323). https://doi.org/10.3389/fnhum.2020.00323

Durrani, H. (2019). A Case for Art Therapy as a Treatment for Autism Spectrum Disorder. Journal of the American Art Therapy AssociationJournal of the American Art Therapy Association, 36(2), 103–106. https://doi.org/10.1080/07421656.2019.1609326

LSPR News. (2023, July 31). Di Usianya ke-31, LSPR Makin Mantap Menjadi Kampus Inklusif Autisme. Kumparan.Com. https://kumparan.com/corporatereputation/di-usianya-ke-31-lspr-makin-mantap-menjadi-kampus-inklusif-autisme-20treK4VvHI/1

Munib, A., & Wulandari, F. (2021). Studi Literatur: Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 160–172. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16154

Rustandar, A., & Widinarsih, D. (2023). Metode dan Media Pembelajaran untuk Pendidikan Inklusi bagi Penyandang Autis di Indonesia. 7(1), 38–56. https://doi.org/10.24036/jpkk.v7i1.743

Rubiyanto, & Clara, C. (2019). Adaptasi Interaksi Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa Isyarat Indonesia di Pusbisindo Jakarta. NYIMAK: Journal of Communication, 3(1), 77–96. https://doi.org/10.31000/nyimak.v3i1.1226

Siloam Hospitals. (2024, May 21). Autisme - Penyebab, Gejala, Diagnosis & Penanganannya. Siloamhospitals.Com. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/autisme-adalah

Tempo. (2023, April 14). Jumlah Anak Autis Meningkat, Diduga Salah Satu Penyebab karena BPA. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/1715087/jumlah-anak-autis-meningkat-diduga-salah-satu-penyebab-karena-bpa

Triadi, B. R., & Regina, F. S. (2022). Kesulitan Berbicara pada Anak Disabilitas: Studi Kasus Anak Autis Usia 9 Tahun. Diglosia, 6(1), 191–209. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/download/3614/2478

Wu, Z. (2022). Challenges Encountered by Children with Autism Spectrum Disorder: from the perspective of academic performances and education service providers. Highlights in Business Economics and Management, 4, 263–271. https://doi.org/10.54097/hbem.v4i.3500

Zeidan, J., Fombonne, E., Scorah, J., Ibrahim, A., Durkin, M. S., Saxena, S., Yusuf, A., Shih, A., & Elsabbagh, M. (2022). Global Prevalence of Autism: A Systematic Review Update. The National Center for Biotechnology Information (NCBI), 15(5), 778–790. https://doi.org/10.1002/aur.2696