Pemanfaatan Video Animasi Bencana Erupsi Gunungapi untuk Mendorong Pengetahuan Erupsi Gunung APi pada Anak- Anak Sanggar Bimbingan At-Tanzil Cheras Malaysia

Isi Artikel Utama

Hayieda Setyaningsih
Ratih Puspita Dewi

Abstrak

Bencana merupakan suatu kejadian atau rangkaian kejadian yang mengancam dan mengganggu kehidupan serta penghidupan Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan video animasi bencana erupsi gunungapi dalam meningkatkan pengetahuan anak- anak, tanggapan dan persepsi anak-anak terhadap penggunaan video animasi sebagai alat pembelajaran dalam konteks pemahaman tentang gunungapi, dan peningkatan pengetahuan anak – anak mengenai bencana erupsi gunungapi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.. Penelitian ini melibatkan siswa Sanggar Bimbingan At-Tanzil Cheras yang berjumlah 20 orang. Objek penelitian ini yaitu penggunaan video animasi bencana erupsi gunungapi untuk meningkatkan pengetahuan erupsi gunungapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunakan video animasi erupsi gunungapi dalam pendidikan di sanggar Bimbingan secara efektif meningkatkan pemahaman anak-anak secara karakteristik dan ciri-ciri dari erupsi gunungapi. Hasil observasi juga menunjukkan bahwa siswa menunjukkan ketertarikan dan keingintahuan yang cukup tinggi mengenai pembelajaran bencana alam, terutama terkait bencana erupsi gunungapi. Anak – anak memiliki peningkatan pengetahuan melalui media visual, penjelasan yang mudah dimengerti, interaksi aktif, dan relevansi dengan konteks lokal dalam pendidikan bencana bagi anak-anak di sanggar bimbingan At-Tanzil Cheras. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan  video animasi bencana  erupsi  gunungapi dapat meningkatkan pengetahuan anak - anak tentang bahaya dan langkah-langkah yang harus diambil dalam menghadapi bencana tersebut. Implikasi dari hasil penelitian ini menekankan pentingnya mengintegrasikan media visual, penjelasan yang mudah dipahami, interaksi aktif, dan relevansi dengan konteks lokal ke dalam kurikulum pendidikan bencana bagi anak-anak di lingkungan sanggar bimbingan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Afifaturrahmi, Hartati, S., & Akbar, Z. (2022). Meningkatkan Pengetahuan Kesiapsiagaan Gempa Bumi melalui Video Animasi pada Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 343–348. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.388

Agustin, E. R., Wahyuni, S., Maryani, & Putra, P. D. A. (2017). Pengembangan LKS disertai Video Anime pada Pokok Bahasan Fluida Dinamik di SMA 1). Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 390–396.

Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2723

Awusi, B. A., Nayoan, H., & Tompodung, J. (2018). Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Bpbd) Kota Manado Dalam Upaya Penanggulangan Korban Bencana Banjir. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 1(1).

Creswell, J. W. (2014). Research Desing : Qualitative, Quantitative, and, Mixed Methods Approaches. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). SAGE Publications, Inc. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Hiryanto. (2017). Pedagogi, Andragogi Dan Heutagogi Serta Implikasinya Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, 22(1), 65–71.

Jerman, J. D., Redi, A. A. N. P., Ong, A. K. S., Prasetyo, Y. T., & Sumera, V. L. M. (2022). Memprediksi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapsiagaan terhadap Erupsi Gunung Berapi untuk Masyarakat yang Berkelanjutan: Studi Kasus di Filipina. MDPI.

Kousky, C. (2016). Impacts of natural disasters on children. Future of Children, 26(1), 73–92. https://doi.org/10.1353/foc.2016.0004

Krantz, D. S., Shank, L. M., & Goodie, J. L. (2021). Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD) as a Systemic Disorder: Pathways to Cardiovascular Disease. Health Psychology, 41(10), 651–662. https://doi.org/10.1037/hea0001127

Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., Fitri, A. K., & L, N. A. (2021). Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Akademika (Jurnal Teknologi Pendidikan), 10(02), 291–299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402

Luhulima, D. A., Degeng, I. N. S., & Ulfa, S. (2017). Pengembangan Vidio Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi Untuk Anak Sekolah Minggu. Jinotep, 3(2), 39–40.

Miriyanto, P. A. D., Rosyida, I. A., Rahayu, S., Rofiah, L., Rohaniah, T. P., Hasananh, Y. R., & Salam, A. Y. (2020). First Aid Training Camp sebagai Upaya Membentuk Remaja Desa Siap Siaga Bencana. J-PENGMAS (Jurnal Pengambdian Kepada Masyarakat), 4(1), 14–23. https://ojshafshawaty.ac.id/index.php/jpengmas/article/view/384/127

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Remaja Rosdakarya (pp. 1–203).

Nasution, L. A., Tenri, A., & Maulana, J. (2023). Meningkatkan Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Berapi Melalui Praktik Simulasi dengan Media Pembelajaran Video dalam Pendidikan Geografi, Universitas Khairun. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 10(2), 108–116. https://doi.org/10.20527/jpg.v10i2.16653

Pandu, R., Purnamasari, I., & Nuvitalia, D. (2023). Pengaruh Pertanyaan Pemantik Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Pena Edukasia, 1(2), 127–134.

Pezard, S., Thaler, D., Grill, B., Klein, A., & Robson, S. (2016). The Center for Excellence in Disaster Management and Humanitarian Assistance (CFE-DMHA): An Assessment of Roles and Missions. In The Center for Excellence in Disaster Management and Humanitarian Assistance (CFE-DMHA): An Assessment of Roles and Missions. https://doi.org/10.7249/rr1332

Putri, W. M. L., & Suparti, S. (2020). Pengaruh Edukasi Game Puzzle Kebencanaan Terhadap Pengetahuan Mitigasi Bencana Gunung Meletus di SD Negeri Karangsalam. JRST (Jurnal Riset Sains Dan Teknologi), 4(2), 69–75. https://doi.org/10.30595/jrst.v4i2.6945

Saparwati, M., Trimawarti, & Wijayanti, F. (2020). Peningkatan Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Dengan Video Animasi Pada Anak Usia Sekolah. | Pro Health Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(1), 23–28. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/PJ/

Sugihartono, T., Nevitasari, D., & Yarmani. (2022). Pelatihan dan Sosialisasi Penanggulangan Bencana Alam Bagi Guru PJOK MGMP Kabupaten Seluma. Jurnal Dharma Pendidikan Dan Keolahragaan, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.33369/dharmapendidikan.v2i1.21491

Sugiyono, P. D. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. ALFABETA.

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055

Yusuf, B. B. (2018). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. In Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (Vol. 1, Issue 2, p. 13). https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v1i2.25082