Analisis Perubahan Luasan Hutan Mangrove Menggunakan Citra Landsat 8 OLI di Desa Lubuk Kertang Langkat

Main Article Content

M. Taufik Rahmadi
Ayu Suciani
Nia Auliani

Abstract

Hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem yang hidup di daerah pesisir pantai dan memiliki substrat yang berlumpur. Mangrove memiliki peranan penting dalam pemeliharaan produktivitas perairan dan menunjang kehidupan wilayah pesisir. Hutan mangrove di Desa Lubuk Kertang Lengkat merupakan salah satu hutan mangrove terluas di Sumatera Utara. Pada tahun 2005 hutan mangrove di Desa Lubuk Kertang Langkat mengalami kerusakan yang cukup parah karena hutan mangrove dikonversi menjadi lahan tambak dan perkebunan kelapa sawit.Penelitian ini bertujuan untuk menguji akurasi citra dalam pemetaan hutan mangrove, mengetahui perubahan luasan hutan mangrove, dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan luasan hutan mangrove di Desa Lubuk Kertang Langkat. Penelitian ini menggunakan metode klasifikasi multispektral algoritma maximum likelihood. Hasil penelitian adalah tingkat akurasi citra Landsat 8 OLI dalam pemetaan luasan hutan mangrove di Desa Lubuk Kertang Langkat yaitu sebesar 95%, hutan mangrove mengalami pertambahan luasan sebesar 41,4 Ha pada tahun 2014-2016 dan 27,9 Ha pada tahun 2016-2018. Perubahan (penambahan) luasan hutan mangrove dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu pH air dan tanah yang netral serta peran manusia dalam penanaman kembali hutan mangrove di Desa Lubuk Kertang Langkat.

Article Details

Section
Articles

References

Badan Pengelolan Hutam Mangrove Wilayah 2 (2011). Review Peta Potensi Mangrove Sumatera Utara. Medan

Badan Pusat Statistik (2015). Kabupaten Langkat Dalam Angka 2015. Medan: BPS.

Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Wampu Sei Ular (2006). Inventarisasi Dan Identifikasi Mangrove Swp DAS Wampu Sei Ular Tahun Anggaran 2006.

Danoedoro, P. (2012). Pengantar Penginderaan Jauh Digital. Yogyakarta: Andi.

Darmawan, A., & Hilmanto, R. (2014). Perubahan Tutupan Hutan Mangrove Di Pesisir Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Sylva Lestari, 2(3), 111-124.

Gilman, E. L., Ellison, J., Duke, N. C., & Field, C. (2008). Threats to Mangroves from Climate Change and Adaptation Options: A Review. Aquatic Botany, 89(2), 237-250.

Green, E., Mumby, P., Edwards, A., & Clark, C. (2000). Remote Sensing: Handbook for Tropical Coastal Management. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco).

Hidup, K. M. N. L. (2004). Baku mutu air laut untuk biota laut. Kep Men LH.

Kusmana, C., & Onrizal, S. (2003). Jenis-Jenis Pohon Mangrove di Teluk Bentuni Papua. Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor dan PT. Bintuni Utama Murni Wood Industries, Bogor.

Pardosi, E. Jamilah dan Sari, K.L. 2013. Kandungan Bahan Organik dan Beberapa Sifat Fisik Tanah Sawah Pada Pola Tanam Padi padian dan Padi Semangka. Jurnal Online Agroteknologi. Vol. 1. No. 3.

Raharjo, P., Setiady, D., Zallesa, S., & Putri, E. (2016). Identifikasi Kerusakan Pesisir Akibat Konversi Hutan Bakau (Mangrove) Menjadi Lahan Tambak Di Kawasan Pesisir Kabupaten Cirebon. Jurnal Geologi Kelautan, 13(1).

Rahmadi, M. T. (2017). Pemanfaatan Citra Worldview-2 Untuk Analisis Perubahan Komposisi Habitat Bentik Di Sebagian Pulau Weh (Doctoral Dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Restu, R., & Damanik, M. R. S. Kajian Perubahan Tutupan Mangrove Menggunakan Citra Landsat TM Di Kabupaten Langkat Propinsi Sumatera Utara. Jurnal Geografi, 4(2), 69-78.

Sadat, A. (2004). Kondisi Ekosistim Mangrove Berdasarkan Indikator Kualitas Lingkungan Dan Pengukuran Morfometrik Daun Di Way Penet, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Skripsi. Departemen Ilmu Dan Teknologi Kelautan. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor.

Schaduw, J. N. (2018). Distribusi dan karakteristik kualitas perairan ekosistem mangrove pulau kecil Taman Nasional Bunaken. Majalah Geografi Indonesia, 32(1), 40-49.

Wibowo K, E. D. I. (2004). Beberapa Aspek Bio-Fisik-Kimia Tanah Di Daerah Liman Mangrove Desa Pasar Banggi Kabupaten Rembang (Doctoral Dissertation, Program Pendidikan Pasca Sarjana Universitas Diponegoro).