Relokasi Tanaman Salak Karangasem Ke Daerah Yogyakarta

I Gede Putu Eka Suryana, I Gede Made Yudi Antara

Abstract


Kabupaten Karangasem terkenal sebagai daerah penghasil salak. Sejak tahun 1976 perkembangan tanaman salak di tempat ini melonjak pesat. Pada tahun 1976 di Desa  Sibetan, pusat penghasil salak di Karangasem, populasi tanaman salaknya tercatat 2.360.000 pohon. Adapun yang menjadi daerah tujuan relokasi tanaman salak yaitu Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode analisis data  menggunakan metode klimograf yaitu metode dalam bidang pertanian yang umumnya digunakan sebagai parameter jika suatu tanaman akan dikembangkan di daerah yang berbeda dengan daerah asalnya dengan melihat persamaan dan perbedaan iklimnya setelah kedua grafik tersebut ditumpangtindihkan satu sama lain. Data dikumpulkan secara sekunder yaitu data parameter iklim di Karangasem dan Yogyakarta. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui suatu wilayah yang sebagai sentra produksi tanaman salak  di wilayah Karangasem Bali, apakah dapat diintroduksikan di wilayah Yogyakarta. Berdasarkan kombinasi parameter iklim dari wilayah asal dengan wilayah tujuan relokasi dengan menggunakan metode klimograf dapat dikatakan sesuai untuk beberapa kondisi dan dapat dilakukan relokasi.

Keywords


Tanaman Salak; Iklim; Klimograf

Full Text:

PDF

References


Balai Informasi Pertanian. (1994). Pembibitan Tanaman Salak. LIPTAN Lembar Informasi Pertanian Sumatera Barat.

Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik. (2019). Provinsi Bali dalam Angka 2019. BPS Provinsi Bali

Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik. (2019). Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Angka 2019. Badan Pusat Statistik Propinsi D.I. Yogyakarta.

Nawawi Gunawan. (2001). Pengantar Klimatologi Pertanian. Departemen Pendidikan Nasional Proyek Pengembangan Sistem Standar Pengelolaan Smk Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Jakarta.

Putri, H. A. (2015). Aplikasi Metode Klimograf untuk Budidaya Buah Apel Malang Malus Sylvestris mill (varietas manalagi) Kabupaten Malang dan Kabupaten Tana Toraja. http://mimetakamine.blogspot.com/2015/04/aplikasi-metode-klimograf-untuk.html

Ramayadi, G. (2019). Produksi Tanaman Dan Tantangannya Pada Kondisi Iklim Ekstrim (Cakti IndraGunawan (ed.)). CV IRDH.

Sudibyo, M. (1974). Sedikit Tentang ssc Buah Salak (Salacca edulis) dan Masalah-masalahnya.Lembaga Penelitian Holtikultura Jakarta.

Sugihat, Y. (1973). Mempelajari Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mutu Manisan Salak (Salacca edulis Reinw.). Fakultas Mekanisasi dan Teknologi Hasil Pertanian-IPB.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mkg.v21i2.27810

Article Metrics

Abstract view : 27 times
PDF file view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Media Komunikasi Geografi

Jurnal ini diterbitkan oleh :



Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Media Komunikasi Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.