Strategi Bertahan Hidup Buruh Migran yang Terdampak Kebijakan Lockdown di Kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas

Main Article Content

Novia Nurhidayanti
Sudirman
Agus Yuliono

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh penerapan kebijakan lockdown pada masa pandemi Covid-19 tahun 2020-2022 di negara Malaysia yang berdampak terhadap kehidupan buruh migran di Kecamatan Teluk Keramat. Permasalahan yang teridentifikasi yaitu adanya kesulitan buruh migran untuk kembali bekerja ke negara Malaysia, sedangkan mencari pekerjaan di dalam negeri sulit sehingga penghasilan semakin menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis permasalahan yang dialami buruh migran asal Kecamatan Teluk Keramat yang terdampak kebijakan lockdown pada masa pandemi Covid-19 tahun 2020-2022 dan mendeskripsikan strategi bertahan hidup yang mereka lakukan dalam kondisi sulit. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif dengan analisis teori mekanisme survival dari James Scott. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akibat adanya penerapan kebijakan lockdown di negara Malaysia dalam menghadapi pandemi Covid-19, buruh migran mengalami kesulitan untuk kembali bekerja ke negara tersebut. Selain itu, mereka juga kesulitan dalam memenuhi beragam kebutuhan hidup. Untuk menghadapi kondisi sulit ini, buruh migran menerapkan strategi bertahan hidup dengan cara melakukan penghematan, mencari pekerjaan lain, membuka usaha, mengikutsertakan anggota keluarga dalam bekerja serta mencari bantuan dana dari keluarga atau atasan.

Article Details

Section
Articles

References

Akbar, J. (2020, March 18). Perbatasan RI-Malaysia di Kalimantan Barat ditutup. Kumparan NEWS. https://m.kumparan.com/amp/kumparannews/perbatasan-ri-malaysia-di-kalimantan-barat-ditutup-1t30yzHWV1O

Aswindo, Arifin, Junai, Beni, Lurnai, & Baso. (2021). Kerentanan dan ketahanan Pekerja Migran Indonesia di Malaysia pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia, 9(1).

BNP2TKI. (2020). Data penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Pusat Penelitian Pengembangan dan Informasi.

Damanik, M. J. (2020, March 16). Mulai 18 Maret, Malaysia akan lockdown untuk atasi virus corona!. IDN Times. http://www.idntimes.com/news/world/amp/margith-juita-damanik/mulai-18

Husmiati, Pijai, Rian, Sule, & Norman. (2015). Perlindungan sosial pekerja migran bermasalah melalui rumah perlindungan center. Jakarta: P3KS Press.

Kusdyananto, Raden R. 2016. “Mekanisme Survival Pembantu Rumah Tangga Pocokan (Studi tentang pembantu rumah tangga pocokan di Kompleks Perumahan Wisma Trapodo Sidoarjo).” Journal Unair 5:3. Diakses April 20, 2022. https://journal.unair.ac.id/Kmnts@mekanisme-survival-pembantu-rumah-tangga-article-10698-media-135-category-8.html

Noveria, M., & Haning, R. (2022). Pandemi Covid-19 dan dampak ekonomi pada Pekerja Migran Indonesia dan keluarganya: Sebuah kajianpustaka. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 13(1), 71–84.

Prayogo, S. (2017). Strategi keberlansunganhidup mantan Tenaga Kerja Indonesia (Studi kasus di desa Taman Prijek kecamatan Laren kabupaten Lamongan) [(Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2017)].

Republik Indonesia. (1945). Undang-Undang Dasar 1945. Sekretariat Negara RI.

Rofiuddin, A. (2018). Rasionalitas masyarakat Indramayu dalam memutuskan menjadi Tenaga Kerja Wanita (Studi kasus pada masyarakat desa Arahan Kidul kecamatan Arahan kabupaten Indramayu) [(Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah, 2018)].

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Suharto. (2003). Paradigma Baru Studi Kemiskinan. Jakarta: Media Indonesia.