PENGETAHUAN WISATAWAN TERHADAP RAMBU-RAMBU DAN SINYAL KESELAMATAN DI PANTAI KUTA

Authors

  • I Made Febria Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v1i1.11210

Abstract

Pulau Bali merupakan salah satu tujuan utama wisata yang sangat diminati baik oleh para wisatawan asing maupun wisatawan domestik. Pulau Bali merupakan daerah yang terdiri dari pegunungan, perbukitan, dan pantai namun pantai yang menjadi objek favorit bagi wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Tugas dan  tanggungjawab life guard. (2) Jenis rambu-rambu dan sinyal yang digunakan life guard. (3) Pengetahuan wisatawan dalam mengenali rambu-rambu dan sinyal yang digunakan oleh life guard. Penelitian dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode angket. Subjek penelitian yaitu ditujukan pada pimpinan perusahaan, life guard dan wisatawan di pantai Kuta. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif terhadap data yang dikumpulkan dirangkai menjadi kata-kata. Hasilnya menunjukan bahwa: (1) Tugas dan tanggung jawab seorang life guard adalah menjaga keselamatan wisatawan yang beraktivitas di pantai. Pemahaman tentang situasi pantai bagi seorang life guard sangat penting untuk mengetahui lingkungan dan mampu memahami rambu-rambu dan sinyal yang digunakan dalam menjaga keselamatan wisatawan. (2) Jenis rambu-rambu yang digunakan oleh life guard antara lain bendera larangan berenang, bendera merah kuning untuk area berenang. Jenis sinyal yang digunakan oleh life guard yaitu dengan menggunakan bendera dan tanpa menggunakan bendera yang bertujuan untuk memperingati wisatawan dan berkomunikasi dengan sesame life guard tentang kondisi atau situasi laut dan pantai. (3) Pengetahuan wisatawan tentang rambu-rambu dan sinyal yang digunakan untuk keselamatan di pantai masih rendah. Sehingga dipandang perlu pemasangan informasi tentang rambu-rambu dan sinyal keselamatan disepanjang pantai kuta.

References

Anonim. 2010. Pantai kuta. http://Pulau Bali.panduanwisata.com/pantai-Pulau Bali/pantai-kuta-Pulau Bali. (diakses tgl, 8 Mei 2012)

Anonim. 2012. Keadaan geografis Pulau Bali. http://Pulau Baliwisata.com/uncategarized/keadaan-geografis-Pulau Bali. (diakses tgl, 8 Mei 2012)

Anonim. 2012. Makalah Keselamatan Kerja. http//emperordeva. Wordpress. com / abaut / makalah-keselamatan-kerja/. (Diakses tgl, 26 Mei 2012 )

Curtis, Vaughn. 2004. Surf Lifesaving Training Manual (Elsevier Australia). Australia.

Pendit, Nyoman Suwandi. 2003. Ilmu Kepariwisataan. Jakarta; PT. Pradnya Paramita.

Suparka. 2010. Buku Pedoman BALAWISTA Badung. 2010. Kuta Badung.

Syarif, Hidayat. 2011. Teori dan Metodologi Latihan Olahraga Pariwisata I. Singaraja; Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Wawan Setiawan. 2011. Peran Caddy dalam Menigkatkan Jumlah Wisatawan Bermain Golf di PT. Pulau Bali Handara Kosaido Country Club. Singaraja. Undiksha (tidak diterbitkan).

Downloads

Published

2014-09-01