EFEKTIVITAS MEDIA AUDIOVISUAL DAN MEDIA BERBASIS TEKS (CETAKAN) TERHADAP HASIL BELAJAR CHEST PASS
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v2i1.11307Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual dan media berbasis teks (cetakan) terhadap hasil belajar chest pass dalam permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Medan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi 316 orang dari kelas VII SMP Negeri 20 Medan dan yang dijadikan sebagai sampel 40 orang dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test, desain yakni 20 orang ditetapkan sebagai kelompok media pembelajaran audiovisual (X1) dan 20 orang siswa ditetapkan sebagai kelompok media pembelajaran berbasis teks (cetakan) (X2). Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar chest pass bola basket.
Hasil analisis data diperoleh bahwa: (a) media pembelajaran audiovisual memberikan pengaruh terhadap hasil belajar chest pass dalam permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Medan tahun pelajaran 2012/2013, (thitung = 5,04 > ttabel = 1,73) (b) media pembelajaran berbasis teks (cetakan) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar chest pass pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Medan tahun pelajaran 2012/2013, (thitung = 3,71 > ttabel = 1,73) (c) media pembelajaran audiovisual sama-sama berpengaruh dengan media pembelajaran berbasis teks (cetakan) terhadap hasil pelajaran pelajaran chest pass dalam permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Medan tahun pelajaran 2012/2013 (thitung =0.812 < ttabel = 1,70).
Simpulannya adalah media pembelajaran audiovisual dan media berbasis teks sama-sama memberikan pengaruh terhadap hasil belajar chest pass dalam permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Medan tahun pelajaran 2012/2013, dan media pembelajaran audiovisiual memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan media berbasis teks (cetakan).
References
Ariyani dan Haryanto. 2010. Pembelajaran Multi Media di Sekolah. Jakarta. PT Prestasi Pustakaraya.
Arsyad, Azhar (2011). Media Pembelajaran.PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Burhanuddin, dkk. 2009. Media. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional
http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2013/10/media-pembelajaran-berbasis-teks-cetak.html, Media Pembelajaran Berbasis Teks Cetak (Print Out)diakses tanggal 6 Nopember 2013
http://www.slideshare.net/ Roihan Han Ithoe Siicg/ meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan self. Diakses tanggal 6 Nopember Februari 2013
http://zulkifliblog004.blogspot.com/2013/12/media-berbasis-cetak.html, diakses tanggal 6 Nopember 2013
Margono (2007) Azas dan Landasan Pendidikan Jasmani” (edisi revisi), Jokjakarta, UNY Press.
Lutan, Rusli, Rusli Ibrahim, Adang Suherman, Yudha M. Syahputra (2002).Supervisi Pendidikan Jasmani. Departemen Pendidikan nasional, Direktorat Jenderal Olahraga, Jakarta.
Oliver, John (2003). Dasar-Dasar Bola Basket.Jakarta: Pakar Jaya.
Suleman, Amir. (2008) Media Audio-Visual. Jakarta. PT Gramedia.
Susilana dan Riyana.(2012) Media Pembelajaran. Bandung. CV Wacana Prima.
Wissel, Hal (1996). Bola Basket.PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)