EFEKTIVITAS MEDIA AUDIOVISUAL DAN MEDIA BERBASIS TEKS (CETAKAN) TERHADAP HASIL BELAJAR CHEST PASS

Authors

  • Agung Sunarno Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v2i1.11307

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual dan media berbasis teks (cetakan) terhadap hasil belajar chest pass dalam permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Medan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi 316 orang dari kelas VII SMP Negeri 20 Medan dan yang dijadikan sebagai sampel 40 orang dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test, desain yakni 20 orang ditetapkan sebagai kelompok media pembelajaran audiovisual (X1) dan 20 orang siswa ditetapkan sebagai kelompok media pembelajaran berbasis teks (cetakan) (X2). Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar chest pass bola basket.

Hasil analisis data diperoleh bahwa: (a) media pembelajaran audiovisual memberikan pengaruh terhadap hasil belajar chest pass dalam permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Medan tahun pelajaran 2012/2013, (thitung = 5,04 > ttabel = 1,73) (b) media pembelajaran berbasis teks (cetakan) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar chest pass pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Medan tahun pelajaran 2012/2013, (thitung = 3,71 > ttabel = 1,73) (c) media pembelajaran audiovisual sama-sama berpengaruh dengan media pembelajaran berbasis teks (cetakan) terhadap hasil pelajaran pelajaran chest pass dalam permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Medan tahun pelajaran 2012/2013 (thitung =0.812 <   ttabel = 1,70).

Simpulannya adalah media pembelajaran audiovisual dan media berbasis teks sama-sama memberikan pengaruh terhadap hasil belajar chest pass dalam permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Medan tahun pelajaran 2012/2013, dan media pembelajaran audiovisiual memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan media berbasis teks (cetakan).

 

References

Ariyani dan Haryanto. 2010. Pembelajaran Multi Media di Sekolah. Jakarta. PT Prestasi Pustakaraya.

Arsyad, Azhar (2011). Media Pembelajaran.PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Burhanuddin, dkk. 2009. Media. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional

http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2013/10/media-pembelajaran-berbasis-teks-cetak.html, Media Pembelajaran Berbasis Teks Cetak (Print Out)diakses tanggal 6 Nopember 2013

http://www.slideshare.net/ Roihan Han Ithoe Siicg/ meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan self. Diakses tanggal 6 Nopember Februari 2013

http://zulkifliblog004.blogspot.com/2013/12/media-berbasis-cetak.html, diakses tanggal 6 Nopember 2013

Margono (2007) Azas dan Landasan Pendidikan Jasmani” (edisi revisi), Jokjakarta, UNY Press.

Lutan, Rusli, Rusli Ibrahim, Adang Suherman, Yudha M. Syahputra (2002).Supervisi Pendidikan Jasmani. Departemen Pendidikan nasional, Direktorat Jenderal Olahraga, Jakarta.

Oliver, John (2003). Dasar-Dasar Bola Basket.Jakarta: Pakar Jaya.

Suleman, Amir. (2008) Media Audio-Visual. Jakarta. PT Gramedia.

Susilana dan Riyana.(2012) Media Pembelajaran. Bandung. CV Wacana Prima.

Wissel, Hal (1996). Bola Basket.PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Downloads

Published

2017-07-26

Issue

Section

Articles