PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI (GI) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SENAM IRAMA DAN KEBUGARAN PADA MAHASISWA SEMESTER VI JURUSAN PEJASKESREK

Authors

  • I Putu Darmayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v2i2.11478

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigasi (GI) terhadap aktivitas dan hasil belajar senam irama dan kebugaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester VI Jurusan penjaskesrek FOK Undiksha tahun akademik 2013/2014 berjumlah 150 orang. Data aktivitas belajar dikumpulkan dengan menggunakan format observasi aktivitas belajar selama proses belajar, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan dengan mengunakan tes hasil belajar dengan format penilaian hasil belajar senam irama dan kebugaran. Analisis data menggunakan analisis Uji-t. Hasil analisis aktivitas belajar dengan uji-t menunjukkan bahwa t hitung (20.062) > t tabel (1.992), hasil analisis hasil belajar dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa t hitung (22.604) > t tabel (1.992). Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe GI berpengaruh signifikan terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar senam irama dan kebugaran pada mahasiswa semester  VI Jurusan Penjaskesrek FOK Undiksha tahun 2013/2014. Disarankan agar dosen pengampu matakuliah praktek dapat mengadopsi model pembelajaran kooperatif tipe GI dalam melaksanakan pembelajaran. Kepada peneliti lain disarankan dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI di dalam melakukan penelitian dalam konteks dan permasalahan yang berbeda.  

References

Ardana, 2008. Peningkatan Kualitas Belajar Mahasiswa Melalui Pengembangan Pembelajaran Matematika Berorientasi Gaya Kognitif Berwawasan Konstruktivis (dalam Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Volume 2, Nomor 1 Lembaga Penelitian Undiksha, Singaraja)

Asiale, Mark et al. 2000. A Framework for Research and Curriculum Development in Undergraduace Mathematics Education. Research II, CBMS Issues in Mathematics Education. Ohio.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah dan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian, Yogyakarta, C.V Andi Offset.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hassibuan J.J dan Moedjiono. 1995. Profesi Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Ali.

Martini, 2005. Prosedur dan Prinsip-Prinsip Statistika. Surabaya: Unesa University Press.

Nurhadi, Burhan Yasin dan Senduk, A.G., 2004. Pembelajaran Kontekstual. Dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.

Nurlaelah, Elah. 2003. Pemanfaatan Informasi Technologi (Program ISETL) dalam Pembelajaran Struktur Aljabar. Bandung : JICA-IMSTEP Project.

Purwanto.M.N.1997. Psikologi Pendidikan, Bandung : Rosdakarya.

Roestiyah N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta.

Slamento. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Trianto, 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta : Prestasi Pustaka.

Tabrani R. 1993. Proses Belajar Mengajar Yang Efektif, Jakarta : PT. Bina Budaya.

Wirtha dan Rapi, 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Penalaran Formal Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Dan Sikap Ilmiah Mahasiswa SMA Negeri 4 Singaraja (dalam Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Volume 2, Nomor 1, Lembaga Penelitian Undiksha, Singaraja).

Downloads

Published

2017-07-28