EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KONDISI FISIK ATLET BULELENG PADA PORPROV. BALI XII TAHUN 2015

Authors

  • I Ketut Yoda Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sri Widhari Yuganthari Peling Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v3i1.11665

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan tanggapan atlet terhadap program pelatihan kondisi fisik dan implementasinya pada persiapkan atlet Buleleng pada porprov. Bali XII tahun 2015, (2) untuk mendeskripsikan tingkat kondisi fisik atlet Buleleng  dalam porprov. Bali XII tahun 2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel yang digunakan 50% dari jumlah populasi 600 orang sebesar 300 orang atlet, tersebar pada 30 cabang olahraga, dan pelatih fisik dari masing-masing cabang olahraga berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dengan angket (kuesioner), tes, dan pengukuran. Berdasarkan kajian teori dan hasil pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) sebanyak 38% pelatih belum mampu menyusun program pelatihan fisik dengan baik sehingga pelaksanaan pelatihan tidak bisa berlangsung secara maksimal yang berimplikasi pada rendahnya tingkat kondisi fisik atlet Buleleng pada persiapan Porprov. Bali XII tahun 2015; (2) dari delapan belas (18) item tes kondisi fisik yang dilakukan oleh atlet Buleleng pada persiapan Porprov. Bali XII tahun 2015 menggambarkan bahwa tingkat kondisi fisik atlet Buleleng baik putra maupun putri tergolong rendah. Berdasarkan temuan tersebut di atas, maka peneliti merekomendasi beberapa hal seperti berikut: (1) KONI Buleleng dan Pengurus Cabang Olahraga di Buleleng, agar mencari solusi dalam upaya peningkatan kualitas pengetahuan pelatih kondisi fisik kecabangan olahraga seperti melakukan pelatihan kepada para pelatih, mengirim pelatih untuk magang, melakukan program penataran bagi pelatih, dan lain-lain; (2) Program kerjasama antara FOK UNDIKSHA perlu ditingkatkan lagi tidak hanya dalam hal melakukan tes kondisi fisik atlet Buleleng, tetapi dalam hal peningkatan kualitas pelatih, peningkatan kemampuan manajemen pengurus KONI dan Pengcab., penggunaan fasilitas, penyusunan Renstra KONI Buleleng, dan penyusunan program kerja KONI dan Pengcab.

References

Bompa, Tudor O., Haff Gregory G. 2009. Periodization Theory and Methodology of Training Fifth Edition:United States Kendall/ Hunt Publishing Company.

Bompa O. Tudor. 2000. Total Training for Young Champions. York University, United State: Human Kinetics.

Bucher, Carless A.1968. Poundations of Physical Education. Saint Louis: The C.V. Mostby Company.

Harsono. 1982. Ilmu Coaching, Pusat Ilmu Olahraga. Jakarta, KONI Pusat .

https://yudistiadewisilvia.wordpress.com/2013/04/24/evaluasi-program (diakses, 14 Juli 2015).

Iwan, Setiawan. 1991. Manusia dan Olahraga Seri Bahan Kuliah Olahraga ITB. Bandung: ITB.

Kanca, I Nyoman. 2004. Pengaruh Pelatihan Fisik Aerobik dan Anaerobik terhadap Absorpsi Karbohidrat dan Protein Rattus Nervegicus Strain Wistar. Disertasi (tidak diterbitkan). Surabaya: Program Pasca Sarjana UNAIR.

-------------. 1990. Pengaruh Latihan Acceleration Sprint dan Latihan Hollow Sprint Tehadap Power dan Speed. Semarang. Tesis.

-------------, 1992. Memilih dan Membina Atlet agar Lebih Berprestasi. Makalah Seminar Sehari KONI Kabupaten Buleleng.

Nala, Ngurah, 1998. Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga. Denpasar : UNUD.

Sajoto, M. 1988. Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti. P2L LPTK.

Rainer Martens. 2004. Succesful Coaching: United State: Human Kinetics.

Oxendine, Josepth B. 1968. Psychology of Motor Learning. New Jersey: Englewood Cliffs, Prentice-hall, Inc.

Pate, R Russel, Bruce Mc Clenaghan, Robert Rotella. 1984. Scientific Foundation of Coaching. New York: Saunders College Publishing.

Selamat, I Nyoman. 2005. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode PQ4R Berbantuan LKM untuk Meningkatkan Kualitas pembelajaran Kimia Analitik Kualitatif. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan): IKIP Negeri Singaraja.

Yoda I Ketut. 2008. Korelasi Antara Vo2 Maks Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XIdan XII SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2008/2009,Singaraja: UNDIKSHA.

Yoda I Ketut, I Nyoman Kanca, Made Agus Wijaya. 2011. Pengembangan Modul Bermuatan Model Pembelajaran Bandura untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes dan Kecerdasan Kinestetik Siswa Sekolah Dasar (Laporan Penelitian Hibah Bersaing), Singaraja: UNDIKSHA.

Yoda I Ketut, 2006. Peningkatan Kondisi Fisk (Buku Ajar), Fakultas Olahraga dan Kesehatan UNDIKSHA: Singaraja.

Budiawan Made, dkk., 2011. Ujicoba Kartu Kendali Menuju Tubuh Bugar dan Ideal (KKTBI) pada SMP Negeri di Kota Singaraja Provinsi Bali (Laporan Penelitian). Singaraja: UNDIKSHA.

Toho Cholik Mutohir, dan Ali Maksum. 2007. Sport Development Indeks, Alternatif Baru Mengukur Kemajuan Pembangunan Bidang Olahraga (Konsep, Metodologi dan Aplikasi), Jakarta: PT INDEKS.

Downloads

Published

2017-07-31

Issue

Section

Articles