PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN DRILL DENGAN POWER LENGAN TINGGI DAN RENDAH TERHADAP HASIL SERVIS SLICE PETENIS PUTRA USIA 10-12 TAHUN

Authors

  • Ricko Irawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v3i1.11666

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perbedaan pengaruh antara model latihan drill jarak pukul bertahap dan tetap terhadap hasil pukulan servis petenis putra usia 10-12 tahun, 2) perbedaan pengaruh antara tingkat power lengan tinggi dan rendah terhadap hasil pukulan servis petenis putra usia 10-12 tahun, 3) interaksi antara model latihan drill jarak pukul bertahap dan tetap dan tingkat power lengan tinggi dan rendah terhadap hasil pukulan servis petenis putra usia 10-12 tahun. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dengan rancangan factorial 2 x 2. Instrumen penelitian untuk power lengan menggunakan ball medicine, dan servis slice menggunakan J. E. Hewwit’ s Tennis Achievment Test. Analisis data dalam penelitian ini yang dinilai adalah data variable yang terdiri dari satu variabel bebas yang dimanipulasi yaitu model drill dan satu variabel bebas yang dikendali atau variabel atributif yaitu power lengan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa : 1) Model latihan drill jarak pukul bertahap dan tetap berpengaruh signifikan terhadap hasil pukulan servis, 2) Tingkat power lengan tinggi dan rendah berpengaruh signifikan terhadap hasil pukulan servis, 3) interaksi antara model latihan drill jarak pukul dan tingkat power lengan berpengaruh signifikan terhadap hasil pukulan servis dimana a) model drill jarak pukul bertahap lebih tinggi dari pada model drill jarak pukul tetap pada kelompok power lengan rendah, dan b) model drill jarak pukul tetap lebih tinggi dari pada model drill jarak pukul tetap pada kelompok power lengan tinggi.

References

Salim, Agus. 2008. Buku Pintar Tenis. Bandung : Nuansa.

Brown, Jim.1996. Tenis Tingkat Pemula. Jakarta: PT Radja Grapinda Persada.

B. Yudoprasetyo. 1981. Belajar Tenis Jilid I. Jakarta: Bhatara Karya Aksara.

Chung, Kyung Won. 2000. Board Review Series: Gross Anatomy, 4th ed. Available at http//id.wikipedia.org/wiki/Tulang_lengan_atas accessed 24/02/12.

Dudek, Ronald W.2002.High Yield Gross Anatomy, 2nd ed. Available at http//id.wikipedia.org/wiki/Tulang_lengan_atas accessed 24/02/12.

Groppel, Jack L. Etc. 1989. Science of Coaching Tennis. United States of Amerika : United States Tennis Association.

Handono Murti. 2002. Tenis sebagai Prestasi dan Profesi. Jakarta: Tyas Biratno Pallal.

Harsono. M., 2002. Tenis Sebagai Pestasi dan Profesi. Jakarta: Debdikbud/Dirjen Dikti P2LPTK

Lardner, Rex.1996. Tehnik Dasar. Bandung, Pionir Jaya.

Mulyono B.A. Tes dan Pengukuran Pendidikan Jasmani atau Olahraga. Surakarta: Cetakan 2 Surakarta LPP UNS dan UNS Press.

Nana Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.

www.tennis.com/articles/articlefiles/ (Tanggal, 2 Juli2011).

Downloads

Published

2017-07-31

Issue

Section

Articles