POLA PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA PELAJAR DALAM MEMBANGUN PRESTASI OLAHRAGA BALI
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v3i2.11732Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengkaji pola pembinaan cabang olahraga pelajar (13 cabang olahraga) Kota Denpasar dan Buleleng dalam membangun prestasi olahraga Bali, (2) mengkaji pola pembinaan (manajemen pembinaan, sistem rekruitmen, program pelatihan dan kualifikasi pelatih) yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Denpasar dan Buleleng pada Pekan Olahraga Pelajar (PORJAR) Bali tahun 2009, dan (3) mengkaji tingkat keberhasilan pembinaan cabang olahraga pelajar yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Denpasar dan Buleleng pada PORJAR Bali tahun 2009 dalam membangun prestasi olahraga Bali. Metode penelitian ini adalah survey yang dilakukan pada pembinaan cabang olahraga pelajar Kota Denpasar dan Buleleng dalam Pekan Olahraga Pelajar Bali tahun 2009, dilakukan melalui pendekatan deskripti kualitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuanlitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah (1) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Propinsi Bali, (2) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Denpasar dan Buleleng, (3) Pembina dan Pelatih cabang olahraga pelajar Kota Denpasar dan Buleleng, dan (4) Atlet yang memperoleh medali pada PORJAR Bali tahun 2009. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 419 orang. Simpulan yang diperoleh adalah: (1) pola pembinaan cabang olahraga pelajar Kota Denpasar tergolong sangat tinggi, (2) pola pembinaan cabang olahraga pelajar Buleleng tergolong tinggi, (3) prestasi olahraga atlet pelajar Kota Denpasar tergolong sangat tinggi, dan (4) prestasi olahraga pelajar Buleleng tergolong tinggi.References
Antariksa, Yodhia. 2007. Merancang Manajemen SDM Berbasis Kompetensi. Diunduh dari Blog Strategi + Manajemen pada 15 Maret 2009.
Arikunto Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bompa, Tudor O. 2000 Total TrainingFor Young Champion. United States: Human Kinetics Champaign
BPS. 2005. Bali dalam Angka-Bali in Figure 2004/2005. Denpasar: BPS Propinsi Bali
Bungin, Burhan (Ed). 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada
-------. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.
Cholik Mutohir, Toho. 2007. Kebijakan dan Strategi Penguatan Kelembagaan Keolahragaan Nasional Indonesia Masa Kini dan Masa Depan. Proceeding Seminar Nasional Keolahragaan Indonesia. Singaraja.: Unit Penerbit Undiksha
Dinas Pendidikan Nasional. 2008. Laporan Hasil Pertandingan dan Perlombaan PORSENIJAR Bali 2008. Denpasar : Depdiknas
Furqon H dan Muchsin D. 1999. Pemanduan Bakat Olahraga Model Sport Search (Terjemahan). Surakarta : Puslitbang Olaharaga UNS.
Harre, Dietrich (Ed). 1982. Principles of Sports Training. Berlin: Sportverlag.
Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-aspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta : Departemen pendidikan dan kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
http://id.wikipedia.org/wiki/Profesi, 2009.
Koehn, Daryl. 2000. Landasan Etika Profesi. Yogyakarta : Kanisius
Lubis, Johansyah dan Heryanty Evalina, 2007. Latihan Dalam Olahraga Profesional. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pengawasan Olahraga Profesional Indonesia
Pasau Anwar. 1986. Memilih Atlet untuk Menghasilkan Prestasi Prima dalam Olahraga, dalam Simposium Olahraga-Menuju Prestasi Berolahraga. Surabaya: IAIFI.
Pedoman Studi IKIP Negeri Singaraja Tahun 2002. Edisi Revisi Jurusan Ilmu Keolahragaan. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja
Ridwan dan Achmad Kuncoro, Engkos. 2008. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung : Penerbit Alfabet
Sudono Sumarto Sri. 2000 ”Klub Sebagai Ujung Tombak Pencapaian Prestasi Olahraga Indonesia”. Seminar Ilmiah Keolahragaan PON XV Tahun 2000. Surabaya : Pantia Seminar Ilmiah PON XV
Syafie, Buyung. 2007. Kompeten dan Kompetensi. Diunduh dari Blog at Wordpress.com. pada 15 Maret 2009.
Undang-Undang No. 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)