TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS VI KECAMATAN SUKASADA

Authors

  • Ni Putu Dwi Sucita Dartini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Suwiwa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Spyanawati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v4i1.11751

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus VI Kecamatan Sukasada. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode tes dan pengukuran. Populasi adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus VI Kecamatan Sukasada Tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 188 orang. Sampel berjumlah 119 orang siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling yang tersebar kedalam 5 sekolah yaitu  SDN 1 Panji Anom, SDN 3 Panji Anom, SDN 4 Panji Anom, SDN 1 Tegallinggah dan SDN 2 Tegallinggah. Tingkat kebugaran jasmani siswa diukur menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk anak umur 10-12 tahun yang merupakan satu rangkaian tes yang terdiri dari 5 butir tes yaitu lari 40 meter, gantung siku tekuk, baring duduk 30 detik, loncat tegak, dan lari 600 meter. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu menjumlahkan nilai total dari masing-masing butir tes sesuai dengan norma yang sudah ada dan selanjutnya mencari persentase tingkat kebugaran jasmani siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebugaran siswa berada yaitu  kategori baik sekali tidak ada (0%), kategori baik sebanyak 2 orang (1,68%), kategori sedang sebanyak 57 orang (47,90%), kategori kurang sebanyak 45 orang (37,82%) dan kategori kurang sekali sebanyak 15 orang (12,61%). Secara rata-rata skor kebugaran jasmani siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Sukasada-Buleleng adalah 12,90 atau berada pada kategori kurang.

References

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmojo, Mulyono Biyakto. 2010. Tes dan Pengukuran Pendidikan Jasmani Olahraga. Solo: UNS Press.

Cavill, N., Biddle, S. J. H,. & Sallis, J. F. 2001. Health Enhancing Physical Activity for Young People: Statement of the United Kingdom expert consensus cnference. Pediatric Exercise Science.

Grissom, James B. 2005. “Physical Fitness and Academic Achievement. Journal of Exercise Physiologyonline Volume 8 Number 1”. Tersedia pada http:// www.sfgov3.org/Modules/ShowDocument.aspx?documentid=414 (diakses tanggal 25 Maret 2017)

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Tes Kesegaran Jasmani Indonesia Untuk Anak Umur 10-12 Tahun. Jakarta : Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani.

Kosasih, Engkos. 1993. Olahraga Teknik dan Program Latihan. Jakarta : Akademi Presindo.

Lutan, Rusli. 2001. Asas-asas Pendidikan Jasmani. Jakarta : Depdiknas.

Mahardika, Sriundy. 2010. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Nurhasan. 2011. Tips Praktis Menjaga Kebugaran Jasmani. Gresik: Abil Pustaka.

Sajoto, M. 1995. Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta: Dahara Prize.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP/MTs. Jakarta: Prenada Media Group.

Sharkey, B.J. 2003. Fitness And Health. Alih bahasa Kebugaran dan Kesehatan oleh: Eri Desmarini Nasution. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soetopo. 2000. “Pengaruh Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar IPS dan MIPA Siswa Sekolah Dasar Negeri 3, 4 dan 7 Banjar Jawa Singaraja”. Tersedia pada http://pasca.undiksha.ac.id/images/img_item/635.doc (diakses tanggal 25 Maret 2017)

Srikanth, Sudhish, etc. 2014. “The Relationship oh Physical Fitness, Slef-Beliefs, and Social Support to the Academic Performance of Middle Scholl Boys and Girls”. Tersedia pada http://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0272431614530807 (diakses tanggal 25 Maret 2017)

The President’s Council on Physical Fitness and Sports, 2012. Definitions: Health, Fitness and Physical Activity. Tersedia pada https://web.archive.org/web/20120712201046/http://www.fitness.gov/digest_mar2000.htm (diakses tanggal 25 Maret 2017).

Downloads

Published

2017-08-04

Issue

Section

Articles