TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS VI KECAMATAN SUKASADA
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v4i1.11751Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus VI Kecamatan Sukasada. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode tes dan pengukuran. Populasi adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus VI Kecamatan Sukasada Tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 188 orang. Sampel berjumlah 119 orang siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling yang tersebar kedalam 5 sekolah yaitu SDN 1 Panji Anom, SDN 3 Panji Anom, SDN 4 Panji Anom, SDN 1 Tegallinggah dan SDN 2 Tegallinggah. Tingkat kebugaran jasmani siswa diukur menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk anak umur 10-12 tahun yang merupakan satu rangkaian tes yang terdiri dari 5 butir tes yaitu lari 40 meter, gantung siku tekuk, baring duduk 30 detik, loncat tegak, dan lari 600 meter. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu menjumlahkan nilai total dari masing-masing butir tes sesuai dengan norma yang sudah ada dan selanjutnya mencari persentase tingkat kebugaran jasmani siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebugaran siswa berada yaitu kategori baik sekali tidak ada (0%), kategori baik sebanyak 2 orang (1,68%), kategori sedang sebanyak 57 orang (47,90%), kategori kurang sebanyak 45 orang (37,82%) dan kategori kurang sekali sebanyak 15 orang (12,61%). Secara rata-rata skor kebugaran jasmani siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Sukasada-Buleleng adalah 12,90 atau berada pada kategori kurang.
References
Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Atmojo, Mulyono Biyakto. 2010. Tes dan Pengukuran Pendidikan Jasmani Olahraga. Solo: UNS Press.
Cavill, N., Biddle, S. J. H,. & Sallis, J. F. 2001. Health Enhancing Physical Activity for Young People: Statement of the United Kingdom expert consensus cnference. Pediatric Exercise Science.
Grissom, James B. 2005. “Physical Fitness and Academic Achievement. Journal of Exercise Physiologyonline Volume 8 Number 1”. Tersedia pada http:// www.sfgov3.org/Modules/ShowDocument.aspx?documentid=414 (diakses tanggal 25 Maret 2017)
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Tes Kesegaran Jasmani Indonesia Untuk Anak Umur 10-12 Tahun. Jakarta : Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani.
Kosasih, Engkos. 1993. Olahraga Teknik dan Program Latihan. Jakarta : Akademi Presindo.
Lutan, Rusli. 2001. Asas-asas Pendidikan Jasmani. Jakarta : Depdiknas.
Mahardika, Sriundy. 2010. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Nurhasan. 2011. Tips Praktis Menjaga Kebugaran Jasmani. Gresik: Abil Pustaka.
Sajoto, M. 1995. Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta: Dahara Prize.
Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP/MTs. Jakarta: Prenada Media Group.
Sharkey, B.J. 2003. Fitness And Health. Alih bahasa Kebugaran dan Kesehatan oleh: Eri Desmarini Nasution. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Soetopo. 2000. “Pengaruh Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar IPS dan MIPA Siswa Sekolah Dasar Negeri 3, 4 dan 7 Banjar Jawa Singaraja”. Tersedia pada http://pasca.undiksha.ac.id/images/img_item/635.doc (diakses tanggal 25 Maret 2017)
Srikanth, Sudhish, etc. 2014. “The Relationship oh Physical Fitness, Slef-Beliefs, and Social Support to the Academic Performance of Middle Scholl Boys and Girls”. Tersedia pada http://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0272431614530807 (diakses tanggal 25 Maret 2017)
The President’s Council on Physical Fitness and Sports, 2012. Definitions: Health, Fitness and Physical Activity. Tersedia pada https://web.archive.org/web/20120712201046/http://www.fitness.gov/digest_mar2000.htm (diakses tanggal 25 Maret 2017).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)