Analisis Implementasi Pembelajaran Penjasorkes di SMA/SMK Tahun 2016

Authors

  • I Ketut Yoda Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Doddy Tisna MS Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v4i2.13357

Abstract

Tujuan yang dapat dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) menganalisis kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran penjasorkes SMA di Singaraja Kabupaten Buleleng Bali, (2) menganalisis aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran penjasorkes SMA di Singaraja Kabupaten Buleleng Bali, dan (3) menganalisis tanggapan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran penjasorkes SMA di Singaraja Kabupaten Buleleng Bali. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan dua kelas SMA Negeri, dua kelas SMA Swasta, dan dua kelas SMK. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dengan angket (kuesioner), studi dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan permasalahan yang diajukan, hasil penelitian, dan pembahasan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan beberapa hal seperti berikut. Kemampuan guru-guru penjasorkes dalam pelaksanaan pembelajaran penjasorkes SMA/SMK di Singaraja Kabupaten Buleleng Bali tergolong dalam kategori kurang. Namun demikian aktivitas dan tanggapan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran penjasorkes SMA/SMK di Singaraja Kabupaten Buleleng Bali tergolong baik dan sangat baik. Berdasar hasil penelitian ini maka disarankan kepada guru-guru penjasorkes SMA/SMK di Singaraja Kabupaten Buleleng Bali agar senantiasa meningkatkan kemampuannya terutama dalam hal kemampuan profesional dan paedagogik

Kata-kata kunci: pembelajaran, penjasorkes 

References

Ade Mardiana, Purwadi, dan Wira Indra Satya. 2008. Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Universitas Terbuka

Agus Mahendra. 2003. Falsafah Pendidikan Jasmani, Jakarta: Depdiknas, Dirjendikdasmen Dirketorat Pendidikan Luar Biasa.

Agustini, Ketut. 2014. Pengembangan Media Ajar Berteknologi Hypertext Untuk Perkuliahan Komunikasi Data Dan Jaringan Komputer Berbasis Nilai Kearifan Lokal Konsep Subak. “Disertasi, Jakarta: UNJ.

Endang Mulyatiningsih. 2008. “Model Uji Kompetensi Guru Prajabatan Melalui Pendidikan Profesi Guru ”Proseeding Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia VI hal. 159.

Hergenhahn B.R., dan Matthew H. Olson. 2009. Theories of Learning (Teori Belajar). terjemahan Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana.

http://education-vionet.blogspot.com/2012/08/pengumuman-hasil-ukg-online-tahun2012.html

(diakses, 22 Mei 2013)

http://sejutaguru.com/2016/04/cara-yang-sangat-bagus-dalam-membantu-prestasi-siswa-melalui-refleksi-pembelajaran/ (diakses tanggal 1 Nopember 2016)

http://www.websitependidikan.com/2015/09/contoh-pembelajaran-menyenangkan.html (dikases tanggal 25 Oktober 2016)

Kompas, 27 Nov 2007.

Mutohir, Toho Cholik dan Ali Maksum. 2007. Sport Development Indeks, Alternatif Baru Mengukur Kemajuan Pembangunan Bidang Olahraga. (Konsep, Metodologi dan Aplikasi). Jakarta: PT INDEKS.

Naskah Akademik Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, 2007.

Sukintaka. 2004. Teori Pendidikan Jasmani, Filosofi Pembelajaran dan Masa Depan. Bandung: Nuansa.

------, 2003. Filsafat Pendidikan Jasmani: Keberhasilan Dikjas Mendukung Keberhasilan Olahraga, Perkembangan Olahraga Terkini Kajian para Pakar, ed. Harsuki. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, Pendidikan Karakter pada Pendidikan Jasmani Olaraga dan Kesehatan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Dirjen Pendas.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.

------, 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yoda, I Ketut. 2008. Korelasi Antara Vo2 Maks Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI dan XII SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2008/2009. (Laporan Penelitian). Singaraja: UNDIKSHA.

------, 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kearifan Lokal (PKBKL) Bali untuk Mata Pelajaran Penjasorkes di SMP (Disertasi). Jakarta: UNJ.

Downloads

Published

2018-02-21