Sistem Pembinaan Ekstrakurikuler Sepakbola di Kabupaten Banyumas

Authors

  • Martin Sudarmono Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v5i1.14478

Abstract

Regenerasi pembinaan atlet pada olahraga pendidikan melalui pemasalan dan pembibitan bisa dilakukan melalui jalur ekstrakurikuler yang dilakukan pada sekolah. Ekstrakurikuler yang merupakan program sekolah tidak bisa dibiarkan sebagai program yang berada diluar sistem pembinaan. Ekstrakurikuler bisa dijadikan dasar dalam sebuah sistem pembinaan yang berjenjang. Kerjasama, koordinasi serta memaksimalkan semua program yang menjadi bagian dalam suatu lapisan pembinaan dalam sebuah instansi maupun organisasi akan menjadi solusi yang berharga dalam pelaksanaan sistem pembinaan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah: (1) Sekolah penyelenggara ekstrakurikuler sepakbola (2) Pengurus sepakbola (3) Instansi olahraga yang berada di lingkungan Kabupaten Banyumas, dan (4) Peserta, atlet dan pelatih sepakbola. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa dokumen maupun deskripsi mengenai permasalahan, hambatan dan fenomena yang terjadi di lapangan mengenai pembinaan ekstrakurikuler sepakbola, sistem pembinaan sepakbola dan sistem pembinaan olahragadi Kabupaten Banyumas. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Sekolah penyelenggaraekstrakuriukuler sepakbola belum memiliki sistem dalam melaksanakan program ekstrakurikuler, (2) Sistem pembinaan sepakbola di Banyumas belum terprogram secara berkelanjutan, (3) Sistem pembinaan ekstrakurikuler sepakbola di Kabupaten Banyumas yang belum berjalan merupakan imbas dari berbagai hambatan yang perlu dicarikan solusi. 

Berdasarkan hasil penelitian, peneliti merekomendasikan : (1) Perlu dirancang model ideal pelaksanaan ekstrakurikuler sepakbola yang dapat dijadikan solusi dalam pelaksanaan ekstrakurikuler di sekolah, (2) Model ideal sistem pembinaan ekstrakurikuler sepakbolas ebagai dasar pembibitan atlet di Kabupaten Banyumas sebagai solusi yang dapat digunakan pada sistem pembinaan sepakbola di Kabupaten Banyumas. 

 

Kata-kata kunci : pembinaan, ekstrakurikuler, sepakbola.

References

Alwi. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Bompa. 2000. Total Training For Young Champions. United States: Versa Press.

Direktorat Pembinaan SMA. 2010. Juknis Penyusunan Program Pengembangan Diri Melalui Ekstrakurikuler di SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.

Eriyatno. 1999. “Ilmu Sistem: Meningkatkan Mutu dan Efektivitas Manajemen. Bogor: IPB.

Harsono, Carmen J, Yuanita N dan Aribinuko T. 2000. Pemanduan dan Pembinaan Bakat Usia Dini. KONI Pusat Jakarta.

Havery, L. James. 2011. Pengertian Sistem Menurut Para Ahli. http://aldyputra.net (diunduh 27 Februari 2012).

Junaidi, Said. 2003. Pembinaan Olahraga Usia Dini. Semarang: UNNES.

Kemenpora. 2010. Rencana Strategis Kemenpora 2010-2014. Jakarta:Kemenpora.

Lumintuarso, Ria. http://pembibitanolahraga.org (diunduh 27 Desember 2010).

Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi.

Sajoto. 1995. Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Semarang: Dahara Prize.

Soegijono, 1999. Strategi Peningkatan MutuPendidikan Jasmani Sekolah Dasar Melalui Pembentukan Klub Olahraga Usia Dini. Jakarta: Depdikbud.

Sugijono. 2000. “Pembinaan Prestasi Atlet Usia Dini Berbakat Melalui Ekstrakurikuler Di SD”. Jurnal Ilmu Keolahragaan PROGRES. Volume 1. No 1. Hal 70-84.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Syafii, Imam dan Mahfud Irsyada. 2011. “Evaluasi Penyelenggaraan Liga Pendidikan Indonesia 2009/2010”. Jurnal IPTEK Olahraga, Volume 13. No 1. Hal 40-45.

Undang Undang Republik Indonesia No 3 Th 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Wibisono, Lanang. 2011. “Pemasalan Bulu Tangkis Melalui Ekstrakurikuler”. Suara Merdeka. November. Hal. 14.

Wilman.,Gayatri.,Dinda B.,Ferdy. 2010. Sport Akuatik. Majalah Olahraga & Wisata Air. No.18/Th.III/November-Desember 2010. Bandung: Media Utama.

Zuriah, Nurul. 2006. Metodelogi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori Aplikasi.Jakarta: PT. Bumi Perkasa

Downloads

Published

2018-07-05

Issue

Section

Articles