Peningkatan Hasil Belajar Sepak Bola Melalui Pendekatan Bermain Kelompok
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v5i1.14500Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar sepak bola pada siswa melalui pendekatan bermain kelompok bagi siswa kelas X MAN 11 Jakarta. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang penerapan pembelajaran melalui pendekatan bermain. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian tindakan (Action Research). dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 11 Jakarta yang berjumlah 34 orang. Data dikumpulkan dari hasil observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, terbukti pada siklus satu yang tuntas belajar mencapai 19 siswa atau 56% dengan nilai rata - rata 76. Pada siklus dua mencapai 29 siswa atau 85% dengan nilai rata - rata 83. Selain itu, dengan pendekatan bermain kelompok dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran sepak bola. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan bermain kelompok dapat meningkatkan hasil belajar sepak bola pada siswa kelas X MAN 11 Jakarta, dan Pendekatan bermain kelompok ini sebagai alternative dalam proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah.
Kata-kata kunci: pembelajaran sepak bola, bermain kelompok
References
Joseph Luxbacher, 2012. Sepak bola. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Arikunto, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekata Praktik. Jakarta: RinekaCipta.
Bimo Walgitno, 2006. Psikologi Kelompok. Yogyakarta: Andi.
Dowson Anthony dan keith E.J. Morris, 2005. Bermain dan berolahraga. Bandung: Pakar Raya.
Emzir, 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Hendiana Hesris dan afrilianto, 2014. Penelitian tindakan kelas. Bandung: Refika Aditama.
Husdarta danYudha M. Saputra, 2013.Belajar dan pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Madya Suwarsih, 2011. Penelitian tindakan Action research. Bandung: Alfabeta.
Mayke Tedjasaputra, 2007. Bermain, Mainan, dan Permainan, Jakarta: Grasindo.
Sukardi, 2013 Metode penelitian pendidikan tindakan kelas. Jakarta: BumiAksara.
Sunarto dan Agung hartono, 2013. Perkembangan peserta didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)