Peningkatan Hasil Belajar Sepak Bola Melalui Pendekatan Bermain Kelompok

Authors

  • Agung Kuntoro Saputro Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v5i1.14500

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar sepak bola pada siswa melalui pendekatan bermain kelompok bagi siswa kelas X MAN 11 Jakarta. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang penerapan pembelajaran melalui pendekatan bermain. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian tindakan (Action Research). dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 11 Jakarta yang berjumlah 34 orang. Data dikumpulkan dari hasil observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, terbukti pada siklus satu yang tuntas belajar mencapai 19 siswa atau 56% dengan nilai rata - rata 76. Pada siklus dua mencapai 29 siswa atau 85% dengan nilai rata - rata 83. Selain itu, dengan pendekatan bermain kelompok dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran sepak bola. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan bermain kelompok dapat meningkatkan hasil belajar sepak bola pada siswa kelas X MAN 11 Jakarta, dan Pendekatan bermain kelompok ini sebagai alternative dalam proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah.

 

Kata-kata kunci: pembelajaran sepak bola, bermain kelompok

References

Joseph Luxbacher, 2012. Sepak bola. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Arikunto, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekata Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Bimo Walgitno, 2006. Psikologi Kelompok. Yogyakarta: Andi.

Dowson Anthony dan keith E.J. Morris, 2005. Bermain dan berolahraga. Bandung: Pakar Raya.

Emzir, 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Hendiana Hesris dan afrilianto, 2014. Penelitian tindakan kelas. Bandung: Refika Aditama.

Husdarta danYudha M. Saputra, 2013.Belajar dan pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Madya Suwarsih, 2011. Penelitian tindakan Action research. Bandung: Alfabeta.

Mayke Tedjasaputra, 2007. Bermain, Mainan, dan Permainan, Jakarta: Grasindo.

Sukardi, 2013 Metode penelitian pendidikan tindakan kelas. Jakarta: BumiAksara.

Sunarto dan Agung hartono, 2013. Perkembangan peserta didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2018-07-05

Issue

Section

Articles