PENGARUH LATIHAN KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP HASIL PUKULAN SERVICE ATAS PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI

Authors

  • Daryono Daryono Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v5i2.17225

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan kekuatan otot lengan terhadap hasil service atas peserta ekstrakukikuler bola voli di SMK YP Gajah Mada Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian One-Group Pratest-Posttest. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 15 orang yang mengikuti ekstrakulikuler bola voli di SMK YP Gajah Mada Palembang. Instrument tes yang digunakan yaitu tes servis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji t diperoleh nilai t hitung (6,309) > t tabel (2,093), hasil tersebut diartikan Ha: diterima dan Ho: di tolak, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan latihan kekuatan otot lengan terhadap hasil servis atas pada peserta ekstrakurikuler bola voli di SMK YP Gajah Mada Palembang, Pengaruh tersebut ditunjukan dengan meningkatnya kemampuan servis atas sebesar 27,35 %.

 

Kata-kata kunci: kekuatan otot lengan, servis atas, bola voli

References

Abdillah, Anang Qosim, Rubiyatno Rubiyatno. 2017. Pengaruh Latihan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kemampuan Servis Atas Dalam Permainan Bolavoli Mahasiswa Putra. Pontianak: Jurnal Pendidikan Olahraga. Vol.6, No.2 : 96-103.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Dieter Beutelstahl. 2008. Belajar Bermain Bola Volley. Bandung: Pioner Jaya.

Faruq, Muhammad Muhyi. 2009. Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Permainan dan Olahraga Bola Voli. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Harsono. 2001. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis dam Coaching. Jakarta : Depdikbud.

Ismaryati. 2010. Tes dan Pengukuran Olahraga. Semarang : Universitas Sebelas Maret.

Nurhasan. 2001. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani, Prinsip-prinsip dan Penerapannya. Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga.

Sukadiyanto. 2005. Pengantar Teori Dan Metodelogi Melatih Fisik. Yogyakarta: FIK UNY.

Sukirno dan Waluyo. 2012. Cabang Olahraga Bola Voli. Palembang: Universitas Sriwjaya Press

Downloads

Published

2019-04-22