IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERLANDASAN TAT TWAM ASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI

Authors

  • Gede Hendri Ari Susila STKIP Agama Hindu Singaraja
  • Gede Hendri Setiawan STKIP Agama Hindu Singaraja
  • I Ketut Agus Artha STKIP Agama Hindu Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17345

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (atas dan bawah) bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berlandasan Tat Twam Asi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Busungbiu.

Jenis penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dengan bentuk guru sebagai peneliti, yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Busungbiu tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 31 orang siswa, yaitu 17 putra dan 14 putri. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 7,81 dengan kategori aktif dan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 79,41% dengan katagori baik. Sedangkan Pada siklus II, rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 8,47 kategori aktif dan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 100% katagori sangat baik.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (bawah dan atas) bola voli mengalami peningkatan melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berlandaskan Tat Twam Asi. Oleh karena itu guru penjasorkes disarankan untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli.

References

Aip Syarifuddin., 1997. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SLTP Kelas I. Jakarta: PT. Grasindo.

Bachtiar, dkk. 2000. Permainan Bola Voli dan Bola Tangan. Universitas Terbuka. Cetakan Kedua.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta

Hamalik, Oemar 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara

Kanca I Nyoman., 2006. Metodologi Penelitian Keolahragaan. Singaraja: Undiksha.

Mudjiono dan Dimyati., 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhadi, dkk., 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nurkancana dan Sunartana., 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Nana Sudjana., 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ratumanan., 2002. Belajar dan Pembelajaran. Unesa University Press.

Suharta I Gusti dan Ardana I Made., 2006. Jenis-Jenis Model Pembelajaran. Makalah disajikan dalam Penataran Dosen Muda Pola 90 Jam, IKIP Singaraja, Singaraja Agustus 2006.

Suroto, dkk., 2007. Pembelajaran Penjasorkes Inovatif untuk Pendidikan dasar

Surabaya : Balitbang-Pulitjaknov

Slavin, Robert. E., 1997. Cooferatif Learning 2nd Ed. Boston: Allyn and Bacon

Sugiyanto,dkk.,1998. Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta: Universitas Terbuka

Sugiyanto,dkk.,1991. Perkembangan dan Belajar Gerak. Jakarta: Universitas Terbuka

Sukidin, dkk., 2002. Manajemen Peuletion Kelas. Surabaya: Insan Cendekia

Sumihati Ni Made., 2010. Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Program Pascasarjana Program Studi Administrasi Pendidikan.

Trianto., 2007. Model-model Pembelajaran inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta. Prestasi Pustaka.

Yunus., 1992. Olahraga Pelatihan Bola Voli. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan

Downloads

Published

2019-07-04

Issue

Section

Articles