PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA

Authors

  • I Gede Surya Tama
  • I Wayan Artanayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Satyawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17641

Keywords:

model pembelajaran STAD, hasil belajar teknik dasar passing sepakbola

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar teknik dasar passing (kaki bagian dalam dan kaki bagian luar) sepakbola. Jenis penelitian adalah eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan the randomized pretest-posttest control group the same subjec design. Populasi  penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Singaraja tahun pelajaran 2018/2019, keseluruhan kelas berjumlah 5 kelas dengan populasi 158 orang. Pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIIIA sebagai kelompok eksperimen dan VIIIB sebagai kelompok kontrol. Eksperimen dilakukan sebanyak 2 kali perlakuan diluar pretes-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Rata-rata kelompok eksperimen adalah 0.61 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol adalah 0.50. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (uji Independent Samples Test) adalah 0.001 yaitu p<0,05. Disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing (kaki bagian dalam dan kaki bagian luar) sepakbola. Disarankan kepada guru penjasorkes dapat menerapkan model pembelajaran STAD karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.

References

Pengaruh Model Pembelajaran dan Penilaian Autentik Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Sepakbola dengan Mengontrol Motor Educability. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Dantes, Nyoman. 2002. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI

Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Pembelajaran PJOK Inovatif untuk Pendidikan Dasar.Surabaya: Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Erina, Richie, and HeruKuswanto. "Pengaruh model pembelajaran instad terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif fisika di SMA." JurnalInovasiPendidikan IPA 1.2 (2015): 202-211. Tersedia pada http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi (diakses tanggal 20 Novenber 2018)

Husdarta. 2009. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha

Luxbacher, A. J. 2012. Sepak Bola. Cetakan Kelima. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sudiarpa, I Komang. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD No. 5 Songan Tahun Pelajaran 2013/2014. Tersedia pada:

http: //ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5909. (diakses tanggal 27 Februari 2019).

Downloads

Published

2019-07-04

Issue

Section

Articles