Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Aktivitas Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMK Negeri 4 Malang

Authors

  • Pinton Setya Mustafa Universitas Negeri Malang
  • Mashuri Eko Winarno Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.25633

Keywords:

evaluasi, pembelajaran, pendidikan jasmani, pendekatan saintifik

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi penerapan pendekatan saintifik dalam aktivitas belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) pada kurikulum 2013 di SMK Negeri 4 Malang yang meliputi aspek: perencanaan, proses pembelajaran, dan penilaian. Model penelitian evaluasi yang digunakan adalah kesenjangan kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan meliputi: dokumentasi, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan pada aspek perencanaan pembelajaran tergolong sangat baik, sedangkan pada aspek proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar masih dalam kategori baik. Berdasarkan hasil secara keseluruhan mengenai penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PJOK termasuk kriteria baik. Secara umum saran yang diberikan yaitu hendaknya perencanaan yang telah disusun perlu diselaraskan dengan pelaksanaan selama kegiatan belajar mengajar dan penilaian.

References

Arifin, Z. 2013. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. 2009. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arlianty, W. N., Febriana, B. W., & Diniaty, A. 2017. An analysis of learning process based on scientific approach in physical chemsitry experiment. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1823, p. 020084). https://doi.org/10.1063/ 1.4978157

Basuki, S. 2016. Pendekatan Saintifik pada Penjasorkes dalam Rangka Membentuk Jati Diri Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(2), 117–124.

BSNP. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah (2016).

BSNP. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2016). Indonesia.

Chandler, T., Cronin, M., & Vamplew, W. 2002. Sport and Physical Education: The Key Concepts. Abingdon, UK: Taylor & Francis. https://doi.org/10.4324/9780203467145

Chong, E. J. M., Lim, J. S. W., Liu, Y., Lau, Y. Y. L., & Wu, V. X. 2016. Improvement of learning domains of nursing students with the use of authentic assessment pedagogy in clinical practice. Nurse Education in Practice, 20, 125–130. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2016.08.002

Dwiyogo, W. D. 2007. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.

Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. 2017. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 165–178. https://doi.org/10.17509/ invotec.v9i2.4878

Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. 2011. Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines. Boston: Pearson.

Holmqvist, M. O., & Olander, C. 2017. Analysing teachers’ operations when teaching students: what constitutes scientific theories? International Journal of Science Education, 39(7), 840–862. https://doi.org/10.1080/09500693.2017.1310407

Khan, T., Hande, S., Bedi, S., Singh, T., & Kumar, V. 2012. Learning Objectives. International Journal of User-Driven Healthcare, 2(3), 44–62. https://doi.org/10.4018/ ijudh.2012070105

Kirk, D. 2013. Educational Value and Models-Based Practice in Physical Education. Educational Philosophy and Theory, 45(9), 973–986. https://doi.org/10.1080/00131857.2013.785352

Lander, N., Morgan, P. J., Salmon, J., Logan, S. W., & Barnett, L. M. 2017. The reliability and validity of an authentic motor skill assessment tool for early adolescent girls in an Australian school setting. Journal of Science and Medicine in Sport, 20(6), 590–594. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2016.11.007

Machin, A. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898

Martinek, T., & Hellison, D. 2009. Youth Leadership in Sport and Physical Education. New York: Palgrave Macmillan.

McKenzie, T. L., & Lounsbery, M. A. F. 2013. Physical education teacher effectiveness in a public health context. Research Quarterly for Exercise and Sport, 84(4), 419–430. https://doi.org/10.1080/02701367.2013.844025

Mogonea, F. 2015. Portfolio-tool for (Self) Evaluation of Students-future Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 180(November 2014), 860–864. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.227

Mulyaningsih, N. 2015. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 di SMA Kota Yogyakarta. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: UNY.

Mulyaningsih, N. & Kartowagiran, B. 2015. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 3(1), 67–79.

Musfiqon, H., & Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Nelson, M. M., & Davis, E. A. 2009. Preservice elementary teachers’ science lesson plan analyses and modifications concerning scientific modeling: Insights into teacher knowledge application. In Annual Conference ofthe National Association for Research in Science Teaching. Garden Grove: CA. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nelson, M. M., & Davis, E. A. 2012. Preservice Elementary Teachers’ Evaluations of Elementary Students’ Scientific Models: An aspect of pedagogical content knowledge for scientific modeling. International Journal of Science Education, 34(12), 1931-1959. https://doi.org/10.1080/09500693.2011.594103

Pickup, I., & Price, L. 2007. Teaching Physical Education in the Primary School: A Developmental Approach.

Raiola, G. 2017. Motor learning and teaching method. Journal of Physical Education and Sport, 17(5), 2239–2243. https://doi.org/10.7752/jpes.2017.s5236

Raymond, J. E., Homer, C. S. E., Smith, R., & Gray, J. E. 2013. Learning through authentic assessment: An evaluation of a new development in the undergraduate midwifery curriculum. Nurse Education in Practice, 13(5), 471–476. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2012.10.006

Royse, D., Thyer, B. A., & Padgett, D. K. 2010. Program Evaluation: An Introduction (5th ed.). Australia: Wadsworth, Cengage Learning.

Rupani, C. M., & Bhutto, M. I. 2011. Evaluation of Existing Teaching Learning Process on Bloom’S Taxonomy. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 1(Special Issue), 119–128.

Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudijono, A. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Whitehead, J., Telfer, H., & Lambert, J. 2013. Values in Youth Sport and Physical Education. London: Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203114155

Widoyoko, S. E. P. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarno, M. E. 2012. Pengembangan Karakter Bangsa melalui Pendidikan Jasmani & Rohani. Malang: Universitas Negeri Malang.

Winarno, M. E. 2014. Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wiyanto. 2017. Pendekatan Saintifik pada Perkuliahan dengan Sistem E-Learning. Jurnal Integralistik, 28(2), 217–229. https://doi.org/10.15294/integralistik.v28i2.13738

Downloads

Published

2020-10-21