Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Servis dalam Permainan Bolavoli

Authors

  • Komang Sukarata Adnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Peby Gunarto Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.27909

Keywords:

generatif, pembelajaran, aktivitas, hasil belajar, bola voli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah aktivitas dan hasil belajar bolavoli siswa melalui penerapan model pembelajaran generatif. Metode penelitian secara kuantitatif dan dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjeknya adalah siswa kelas VIII A2 SMP Negeri 4 Singaraja berjumlah 42 orang. Hasil analisis data siklus I yaitu, aktivitas belajar siswa secara klasikal ( ) sebesar 71,68%, dikonversikan dalam kriteria aktivitas belajar siswa tergolong aktif, penguasaan materi secara klasikal 66,67% berada dalam rentang  (65%-74%) kategori cukup baik. Hasil analisis data siklus II yaitu, aktivitas belajar siswa secara klasikal ( ) sebesar 91,42%, dikonversikan dalam aktivitas belajar siswa tergolong sangat aktif dan penguasaan materi secara klasikal 90,24% berdasarkan  rentang  ketuntasan (85%-100%) terkategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran generatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar servis dalam permainan bolavoli.

References

Ahmadi, A. dan J.T. Prasetya.2005. Strategi Belajar Mangajar ( SBM ).Bandung: Pustaka Setia

Ahmadi, Nuril. 2007. Panduan Olahraga Bola Voli. Solo: ERA Pustaka Utama

Aip Syarifuddin & Muhadi. 2002. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud.

Arifin mulyati, dkk. 2003. Strategi belajar mengajar kimia. Jurusan pendidikan kimia F MIPA Universitas pendidikan Indonesia.

Arikunto. Suharsimi. 2002. Menejemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta..

Bachtiar,dkk. 2001. Permainan Besar II Bola Voli dan Bola Tangan. Jakarta : Universitas Terbuka

Barbara, dkk. 2000. Bola Voli Tingkat Pemula. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Kanca, I Nyoman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Komisaris Kepelatihan PP- PBVSI. 2017. Peraturan resmi permainan bolavoli. Jakarta.

Margono. 2003. Metodelogi Penelitian Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta

Muhajir. 2004. Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek. Bandung: Erlangga

Nurhadi, dkk.2004. Pembelajaran konstektual dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sardirman. 2004. Interaksi Motifasi Belajar Dan Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiarta. 2000. Inovasi Model Pembelajaran Generatif dengan Metode PQ4R Berbantuan Modul dalam Perkuliahan Statistika Dasar. Laporan Penelitian Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Wahjoedi. 2001. Landasan Evaluasi Pendidikan Jasmani. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Wahono Widodo. 2002. Pengajaran dan pembelajaran konstektual (CTL). Jakarta: Depdiknas, Direktorat Jedral Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Zainuddin, M dan Masyhuri (2011) Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dan Aplikatif (Edisi Revisi). Refika Aditama, Bandung.

Downloads

Published

2020-10-21