Analisis Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani pada Tingkat SMP

Authors

  • Muhammad Imran Hasanuddin STKIP Paris Barantai
  • Normasunah Normasunah STKIP Paris Barantai

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30203

Keywords:

sertifikasi, kinerja, guru pendidikan jasmani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat kinerja guru Pendidikan Jasmani tersertifikasi pada tingkat SMP, (2) hubungan sertifikasi guru dengan kinerja guru Pendidikan Jasmani pada tingkat SMP, dan (3) Keterkaitan sertifikasi guru terhadap kinerja guru Pendidikan Jasmani pada tingkat SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Jasmani pada tingkat SMP Negeri di Kecamatan Pulau Laut Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan yang berjumlah 33 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Jasmani yang sudah tersertifikasi yang berjumlah 22 orang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini sesuai dengan analisis statistika deskriktif dan analisis inferensial. Data yang dikumpulkan tersebut akan dianalisis dengan bantuan program SPSS versi 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kinerja guru pendidikan jasmani tersertifiaksi berada pada kategori cukup; (2) ada hubungan yang signifikan antara sertifikasi guru dengan kinerja guru pendidikan jasmani dengan nilai (r) sebesar 0.544 (Pvalue < α 0,05); dan (3) ada keterkaitan yang signifikan antara sertifikasi guru terhadap kinerja guru pendidikan jasmani dengan nilai Rsquare sebesar 0.296, nilai Beta sebesar 0,544 dan nilai thitung sebesar 2.899 (Pvalue <α 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara sertifikasi guru dengan kinerja guru Pendidikan Jasmani tingkat SMP Negeri di Kecamatan Pulau Laut Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan

References

Bahri, S. (2011). Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru SD Di Dataran Tinggimoncong Kabupaten Gowa Provins Sulawesi Selatan. Jurnal MEDTEK, 1-11.

Fernandez, M. R. (2013). Teachers' Competence and Learners' Performance In The Alternative Learning System Towards An Enriched Instructional Program. International Journal of Information Technology and Business Management, 33-46.

Fuad, N. (2020, Juli 17). Pengaruh Sertifikasi Guru terhadap Peningkatan Kinerja Guru PAI di SMP dan MTs. Retrieved from Journal Universitas Negeri Jakarta: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jmp/article/download/4213/3160

Gunawan, A. H. (2010). Sosiologi Pendidikan: Suatu Analisis Sosiologi tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Inayatullah, A., & Jehangir, P. (2012). Teacher's Job Performance: The Role of Motivation. Abasyn Journal of Social Sciences, 78-99.

Jaenuddin, J. (2014). Pengaruh Program Sertifikasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru Penjasorkes SMP Negeri Se-Kabupaten Sumedang. Jurnal lmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, 31-36.

Salmawati, Rahayu, T., & Lestari, W. (2017). Kontribusi Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Penjasorkes SMP di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sport, 198-204.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-05-04

Issue

Section

Articles